Berita

    AC Double Power: Keunggulan & Kekurangan

    Mobil edisi terbaru memiliki AC double power untuk memanjakan penggunanya. Supaya berkendara tetap nyaman dan sejuk meski harus melewati cuaca kota yang panas sekalipun. 

    Namun apa sih AC double blower ini? Apakah benar-benar menguntungkan untuk pengendara? Atau bahkan sebenarnya merugikan? Simak penjelasannya berikut ini yuk!

    Pengertian dan Cara Kerja AC Double Power

    Sistem pendingin dengan double blower ini berarti AC memiliki kekuatan double untuk mendinginkan kendaraan. Pemasangan AC pada baris kedua dan ketiga mobil ini mampu membackup keseluruhan kebutuhan penumpang. Supaya hawa sejuk bisa tersebar hingga pada penumpang belakang.

    Namun, tidak semua mobil memiliki AC double ini. Bahkan beberapa produsen mobil hanya menyediakan pemasangan tambahan. Hal ini karena dengan keberadaan pendingin ruangan ganda, maka kinerja mobil juga semakin berat.

    Keuntungan AC Double Blower

    Keunggulan jika memasang pendingin double yaitu:

            1. Mobil Jadi Lebih Dingin

    Anda tidak perlu lagi bingung ketika cuaca sedang terik. Karena dengan adanya AC double, maka udara dalam mobil jadi lebih dingin. 

    Apabila biasanya Anda harus memutar AC hingga suhu paling tinggi, kini tidak perlu lagi ya. Cukup dengan tingkatan rendah, Anda bisa merasakan mobil yang sejuk.

            2. Udara Menyebar

    Selain itu, udara dari AC yang dingin akan menyebar hingga ke belakang kabin mobil. Jadi penumpang paling belakang juga tidak merasakan panas karena AC yang tidak merata.

            3. Dapat Diatur Sesuka Hati

    AC double power juga bisa diatur sesuka hati pada bagian belakang dan depan. Misalnya jika penumpang belakang tidak ingin menggunakan AC, maka tinggal mengatur suhu atau sekadar sirkulasi udaranya.

    Mudah dan praktis bukan?

    Kekurangan AC Double Blower

    Meski memiliki banyak keunggulan, AC double blower ini juga memiliki kekurangan, antara lain:

            1. Boros BBM

    Keberadaan AC pada mobil sudah menjadi beban tersendiri, karena turut menyedot bahan bakar. Apalagi jika keberadaannya lebih dari satu. Maka konsumsi bahan bakar juga akan mengalami peningkatan.

    Anda harus waspada apabila dalam perjalanan panjang. Sebab bisa menyedot konsumsi BBM hingga dua kali lipat lebih besar. Sesekali buka jendela mobil dan jangan nyalakan AC jika tidak ingin berkali-kali mengisi BBM.