Berita

    Apa Itu Dwell Tester? Ini Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

    Sebagai pemilik mobil, pernahkan Anda mendengar istilah dwell tester atau dwell meter? Mungkin kata ini masih asing ditelinga Anda. 

    Jadi alat ini merupakan alat ukur sudut yang digunakan untuk pengukuran kondisi kendaraan. Dengan menggunakan dwell meter, Anda dapat dengan mudah mengetahui kondisi kendaraan Anda. Apakah mobil Anda dalam keadaan baik atau sudah mulai rusak. Selain itu, perhitungan dalam dwell meter juga membuat Anda bisa lebih dahulu mengatasi kerusakan jadi mobil Anda bisa diminimalisir kerusakannya. 

    Fungsi Dwell Tester dalam Mobil Anda

    Perlu Anda ketahui bahwa dwell meter sebenarnya sudah sulit ditemui terutama pada mobil modern. Karena alat ini biasanya ada pada mobil lama karena pada kendaraan yang memakai sistem pengapian konvensional dan masih menggunakan kotak platina yang dihitung sudutnya. 

    Mengapa sudut kotak platina harus di ukur? Alasannya ini karena berhubungan dengan performa mobil dimana jika kontak platina diukur dan tidak bekerja dengan baik, maka artinya mobil tidak bisa menampilkan performa terbaiknya. 

    Komponen Penyusun Dwell Tester

    Sama seperti komponen dari mobil yang lainnya, dwell meter juga memiliki beberapa komponen penyusun yaitu dari bagian terkecil kabel merah, kabel hitam, selector, skrup penyetel, skala pengukuran, hingga jarum penunjuk. 

    • Bagian Kabel Hitam

    Dalam dwell meter terdapat bagian Bernama kabel hitam, ini adalah teman dari kabel merah yang akan dibahas selanjutnya. 

    Fungsi dari black cabel ini adalah sebagai masa atau ground dalam dwell meter dan ia menghubungkan antara baterai dan bodi mobil.

    • Bagian Kabel Merah

    Selanjutnya adalah temannya kabel hitam atau red cable. Dia berguna untuk menghitung tegangan serta sinyal dari koil yang akan masuk ke kotak platina. 

    • Bagian Selector

    Penguji diam biasanya digunakan bersama dengan speedometer, jadi untuk mengukur dengan alat ini, Anda harus mengubah mode terlebih dahulu. Sakelar pemilih digunakan untuk mengubah pengukur ini menjadi besaran RPM atau dalam posisi diam. 

    • Bagian Sekrup Penyetel

    Sekrup set adalah komponen yang terkait dengan pointer. Fungsinya untuk mengatur atau mengarahkan  penunjuk agar tepat  nol. Oleh karena itu, hasil pengukuran menggunakan alat ini  akurat dan bergantung pada kendaraan.

    • Bagian Skala Pengukuran