Berita

    Awas Kasus Naik, Begini Cara Mengemudi yang Sesuai Prokes

    Mengemudi sesuai prokes merupakan hal yang digalakkan kala pandemi, khususnya saat Juni 2022 sejak kasus COVID-19 melonjak. Di samping itu, pemerintah pun mengadakan kembali PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sampai Juli 2022.

    Sejalan dengan PPKM, pemerintah kala itu pula mengadakan sejumlah aturan berkendara. Seperti kewajiban mengenakan masker, pembatasan jumlah penumpang kendaraan umum maupun pribadi, perizinan plat nomor ganjil genap untuk hari libur, dan masih banyak lagi. 

    Sekarang, pandemi ini mulai berangsur turun, namun bisa saja sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus kembali. Maka dari itu, Anda sebaiknya tetap waspada dan bersikap ‘awas’ terhadap potensi lonjakan kasus yang mungkin saja kembali naik di waktu mendatang. 

    Salah satu sikap awas yang dapat Anda terapkan adalah dengan tetap menjalankan prokes pengemudi kendaraan, khususnya mobil. Nah, artikel kali ini akan membahas seputar prokes pengemudi tersebut. Maka dari itu, sebaiknya ikuti saja poin-poin dan penjelasannya di sini!

    Ketahui Cara Mengemudi Sesuai Prokes

    Mengemudi sesuai protokol kesehatan sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda cukup melakukan beberapa hal berikut ini:

    • Memastikan Kebersihan Mobil

    Anda perlu mengontrol kebersihan bagian mobil yang kerap memperoleh kontak fisik dari penumpang sehari-hari. Contoh bagian-bagian tersebut adah setir atau kemudi, handle pintu mobil, tuas transmisi, pintu bagasi, dan bagian lain yang kerap disentuh.

    Untuk membersihkannya, Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang rumit dan sulit didapat. Cukup menggunakan cairan pembersih khusus interior mobil dan kain atau lap microfiber saja untuk menggosoknya secara menyeluruh.

    • Membatasi Jumlah Penumpang

    Saat pandemi COVID-19 berlangsung, pembatasan jumlah penumpang yang berlaku dalam aturan adalah 50%. Adapun, terdapat toleransi yang mengizinkan 100% jika berdomisili pada satu alamat. 

    Nah, meskipun aturan pembatasan penumpang telah berakhir, tidak ada salahnya untuk tetap mengemudi sesuai prokes ini. Sebab, tidak ada yang tahu kapan potensi lonjakan COVID-19 bisa terjadi lagi.

    • Mengenakan Masker dengan Baik dan Benar

    Anda tetap bisa lebih siaga terhadap potensi naiknya kasus COVID-19 dengan tetap menggunakan masker saat berkendara mobil. Tidak hanya itu saja, Anda pun perlu memastikan bahwa masker tersebut sesuai standar kesehatan.