Berita

    Kenali Fungsi Jack Stand & Bagian Komponennya.

    Jack stand seringkali disebut juga dengan nama lain rigid stack. Sebuah komponen yang biasa dipakai untuk menahan beban mobil yang sedang diservis. Anda akan menjumpai alat berat ini di bengkel.

    Komponen ini berbeda dengan dongkrak, sebagaimana penyangga, ia bekerja dengan menahan beban dan dioperasikan secara manual. Anda akan membutuhkan piranti ini jika sedang melakukan servis mobil.

    Mari mengenal lebih jauh alat penyangga mobil, dengan mengetahui apa saja fungsinya. Apa saja bagiannya dan bagaimana cara aman untuk menggunakannya. Simak artikel ini hingga akhir!

    Fungsi Jack Stand Mobil

    Piranti yang satu ini, biasa digunakan untuk mengganjal bodi mobil saat Anda melakukan servis. Penggunaan alat ini akan membuat topangan mobil jadi lebih aman bila dibandingkan dengan memakai batu atau bahan kayu. 

    Terbuat dari besi baja yang kokoh, rigid stack mampu menopang kendaraan Anda. Jadi, setelah Anda mengangkatnya dengan dongkrak, maka segera diganti dengan alat ini. Hasilnya akan jadi lebih kokoh dan stabil.

    Jika Anda sedang ingin memperbaiki komponen mobil di bagian kaki-kaki, sistem pengereman, dan sistem transmisi. Maka, sangat tepat bagi Anda untuk memanfaatkan fungsi piranti keselamatan yang satu ini.

    Piranti ini memiliki kemampuan yang lebih menjanjikan dan tangguh dalam menyokong beban kendaraan. Jika Anda hanya memakai dongkrak saja, masih sangat beresiko. Penggunaan stand semacam ini bisa memudahkan pekerjaan perbaikan Anda pada kolong mobil.

    Mengenali Bagian Komponen Jack Stand

    Piranti penyangga mobil ini memiliki beragam bentuk yang dapat ditemukan di pasaran. Meski demikian, tentu saja spesifikasinya harus sesuai standar. Pada umumnya, alat ini terdiri dari 4 bagian saja. Penjelasan lebih lanjut di bawah ini!

    • Base

    Bagian paling bawah dari rigid stack yang bertugas sebagai penyokong utama. Anda harus menempatkannya di permukaan datar yang dasarannya kuat dan rata. Sehingga alat ini dapat bekerja dengan maksimal.

    Impresi pertama ketika Anda melihat base mungkin terkesan ringkih. Anda dapat mengasumsikannya tidak akan kuat menahan beban. Namun, base sudah didesain dengan tingkat kekokohan khusus yang sangat baik dalam menahan beban kendaraan.

    • Control Lever

    Bagian ini adalah tuas yang bertugas mengatur tinggi rendahnya tube sesuai kebutuhan Anda. Selain mengatur, bagian ini juga berguna untuk menahan posisi tube.

    • Tube