Berita

    Kenali Komponen Kaki Mobil & Biaya Servisnya.

    Umumnya, service kaki mobil dilakukan saat kendaraan terasa kurang nyaman contohnya seperti getaran yang tidak wajar, hingga kaki-kaki kendaraan berbunyi. Padahal, agar memperoleh kondisi yang prima, service kaki kendaraan tidak harus menunggu terdapat kerusakan.

    Service pada kaki kendaraan ini dapat dilakukan dan menjadi perawatan rutin mobil. Sebenarnya, apa saja komponen yang dimiliki kaki kendaraan, selain itu berapa biaya service yang harus dikeluarkan?

    Komponen Kaki Mobil

    Sesuai dengan nama yang dimilikinya, kaki kendaraan merupakan sebuah kesatuan sistem komponen yang berada di bawah mobil.

    Kaki kendaraan ini menjadi bagian yang memperoleh tumpuan paling besar, sehingga agar kondisinya tetap prima, ada berbagai komponen yang harus dijaga kondisinya dengan baik. 

    Berikut berbagai komponen kaki kendaraan, antara lain:

            1. Peer 

    Peer menjadi salah satu komponen kaki kendaraan yang tidak pernah mengalami kerusakan. Namun, meskipun demikian kerusakan peer ini tidak mudah dideteksi. Kerusakan peer umumnya terdeteksi ketika ulir per keong patah. 

    Kerusakan pada peer dapat disebabkan karena pecahnya atau terkikisnya bushing. Kerusakan komponen ini juga dapat disebabkan oleh selang yang terlilit di spiral peer. 

            2. Tie Rod

    Komponen lainnya adalah tie rod. Komponen ini langsung terhubung di stir mobil. sehingga ketika komponen ini mengalami kerusakan, mobil dapat melenceng ke arah kiri dan kanan tanpa harus mengubah setir. Bila tie rod ini rusak, umumnya akan terdengar bunyi yang keras.

            3. Bearing

    Komponen kaki mobil yang tidak boleh dilupakan adalah bearing. Bearing memiliki tugas menjadi bantalan di bagian roda. Komponen ini akan mempengaruhi putaran roda, sehingga dapat mempengaruhi kestabilan laju mobil.

    Untuk mengecek kerusakan bearing, Anda dapat mendongkrak mobil dan memperhatikan putaran mobil satu demi satu. Bila terdengar suara gemuruh atau bising, ini menjadi tanda kerusakan bearing dan Anda harus menggantinya dengan komponen baru.

            4. Bushing Stabilizer

    Komponen ini berlokasi di link stabilizer dan berfungsi untuk menyeimbangkan suspense kiri dan kanan. Bila terdengar bunyi berdecit ketika mobil berjalan atau terdapat suara gemuruh ketika menginjak pedal, besar kemungkinan komponen ini mengalami masalah. 

    Untuk mengecek ada atau tidaknya kerusakan di bushing stabilizer, Anda dapat mengendarai mobil dengan kecepatan sedang. Bila mobil melenceng ke kiri dan ke kanan, bahkan terasa berat, kemungkinan bushing stabilizer mengalami kerusakan.