Berita

    Kenali Komponen Rem Cakram Mobil & Fungsinya

    Disc brake atau rem cakram mobil merupakan salah satu sistem pengereman pada mobil yang memiliki konsep kerja memanfaatkan beberapa komponen tambahan. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk mengurangi laju kendaraan. 

    Bila dibandingkan, rem cakram jauh lebih unggul dari rem tromol karena mampu mempersingkat jarak pengereman. Yuk, pelajari apa saja fungsi dari masing-masing komponen yang ada di rem cakram. 

    Fungsi Komponen yang Ada Pada Rem Cakram Mobil

    Pada dasarnya rem cakram memiliki fungsi untuk mengendalikan laju kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara. Dalam rem cakram tersebut, terdapat beberapa komponen penting dengan fungsinya masing-masing, antara lain: 

            1. Kaliper Rem

    Salah satu komponen penting yang ada di rem cakram adalah kaliper rem atau dikenal juga dengan nama penopang kampas rem dan piston brake. Berfungsi untuk menjepit kampas rem pada piringan cakram secara mekanis. Terdapat dua tipe kaliper rem, yaitu: 

    • Floating Caliper

    Merupakan kaliper yang ada di di bagian brake support caliper, berfungsi untuk menggeser dan bergerak ke kiri atau ke kanan dengan salah satu sisi dilengkapi dengan piston rem. 

    • Fixed Caliper

    Merupakan kaliper yang posisinya menyatu dengan brake support caliper dan terhubung langsung dengan steering knuckle. Hal ini membuat fixed caliper tetap diam dan bekerja menekan kampas rem di bagian piston remnya saja. 

            2. Kampas Rem

    Merupakan komponen pada rem cakram yang memiliki fungsi untuk melakukan penekanan di bagian piringan cakram. Ini dikarenakan adanya gaya gesek yang dihasilkan untuk menghentikan putaran dari rem cakram tersebut. 

    Itu sebabnya pemilihan bahan kampas rem menjadi pertimbangan ketika akan membeli. Sebab kerjanya sangat berat, yaitu harus mampu menghentikan putaran piringan cakram dengan optimal. 

            3. Pedal Rem

    Merupakan komponen rem cakram yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan sistem pengereman. Pada mobil, pedal rem ini bentuknya seperti tuas yang panjang, gunanya untuk menyesuaikan kebutuhan pengereman para pengendara. 

            4. Piringan Cakram

    Merupakan komponen rem cakram mobil yang terhubung secara langsung dengan poros as roda yang berputar dengan cara mengikuti putaran roda kendaraan.