Berita

    Ketahui 15 Komponen Karburator Mobil, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

    Karburator mobil adalah sebuah komponen yang pasti akan mengalami pemeriksaan saat sedang melakukan servis mobil. Anda bisa menemukan komponen yang satu ini pada mesin bensin. Fungsinya sebagai penyuplai bensin sekaligus udara pada ruang bakar.

    Karena pentingnya fungsi dari komponen yang satu ini, tak heran jika ada banyak jenis komponen lain yang membantu. Apa saja? Berikut selengkapnya!

    Komponen Karburator Mobil

    Ada 15 komponen yang membentuk sistem karburator ini. Berikut ini fungsi dan juga cara kerjanya:

            1. Ruang Bakar atau Float Chamber

    Karburator memiliki sebuah ruang yang berfungsi untuk membakar bensin, api dari busi hingga udara. Letak dari komponen ini yaitu di kepala silinder. 

    Saat bensin di mobil sudah terisi penuh, maka pelampung akan bergerak menutup katup bakar. Setelah itu, bahan bakar akan bergerak ke ruang bakar untuk mulai mengolah energi.

            2. Pelampung

    Selanjutnya ada pelampung atau floater. Tugasnya untuk menutup saluran bensin apabila telah penuh. Sehingga penyaluran bensin di ruang bakar jadi tidak berlebihan.

            3. Inlet House

    Ketiga ada komponen karburator yang juga disebut fuel inlet. Ia adalah saluran atau selang yang berguna sebagai jalan bahan bakar. 

            4. Ruang Pelampung

    Kemudian ada sebuah ruangan pelampung. Gunanya untuk menampung bahan bakar yang akan dialirkan ke ruang bakar. Pada ruangan ini terdapat pelampung yang bertugas untuk mengatur bahan bakar itu.

            5. Air Vent

    Kelima adalah saluran ventilasi yang menjadi penghubung ruang pelampung dengan udara luar. Tujuan adanya ventilasi ini untuk menyamakan tekanan udara atmosfer dan juga ruang pelampung.

            6. Venturi

    Keenam yaitu venturi yang memiliki bentuk lubang dengan ukuran semput. Tugas dari venturi yaitu untuk meningkatkan laju udara. 

            7. Main Jet

    Komponen ini adalah saluran utama yang menghubungkan venturi dengan ruang pelampung. Fungsinya supaya antara bensin dan udara yang tercampur lebih stabil.

            8. Slow Jet

    Komponen karburator mobil berikutnya adalah penghubung ruang pelampung dengan intake manifold yang bernama slow jet. Kegunaannya adalah sebagai pengalir bensin yang saat itu sedang “menganggur”.