Berita

    Ketahui Ciri-Ciri Rack Steer Rusak, Penyebab, dan Cara Memperbaikinya

    Rack steer merupakan bagian penghubung kaki-kaki mobil dengan kemudi. Saat rack steer rusak, maka mobil tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Hal ini bahkan sangat berbahaya karena bisa memicu kecelakaan. 

    Anda sebaiknya tahu sejak awal seperti apa tanda-tanda yang ditunjukan jika komponen ini rusak. Mari kenali seperti apa ciri kerusakan, penyebab, dan bagaimana solusi yang bisa diambil!

    Ciri Rack Steer Rusak

    Kerusakan pada rack steer sangatlah berbahaya. Jadi pastikan Anda tahu ciri-ciri kerusakannya sehingga bisa langsung mengambil tindakan. Berikut adalah beberapa ciri kerusakan pada rack steer:

    • Steer Bergetar

    Ciri pertama yang sangat mudah untuk Anda kenali adalah getaran pada steer. Steer mobil harusnya dalam posisi stabil, namun jika mulai muncul getaran apalagi saat dipakai berbelok maka bisa dicurigai ada kerusakan. 

    Cobalah mengetes kerusakannya dengan cara membelokkan steer sampai mentok. Biasanya selain steer bergetar, akan ada gejala lain yang muncul, yaitu kesulitan saat memutar steer tersebut. 

    • Sulit Dibelokkan

    Seharusnya kemudi mudah untuk dibelokkan. Jika ada kerusakan pada steer rack maka proses pembelokkan ini jadi sulit. Steer terasa berat saat dibelokkan dan hal ini sangat berbahaya. 

    • Suara Memekik di Roda

    Anda juga bisa mencurigai adanya kerusakan pada bagian steer rack ketika muncul suara memekik di bagian roda. Biasanya suara ini akan muncul saat kendaraan Anda melaju dalam kecepatan yang rendah. 

    Hal ini terjadi karena ada robekan di bushing rack steer. Robekan tersebut menyebabkan kotoran dan air masuk sehingga munculah suara berisik di bagian depan roda. 

    • Kebocoran Seal

    Perhatikan juga apakah ada rembesan yang terlihat di bagian seal. Seal yang dimaksud di sini adalah seal pada EPS atau electronic power steering. Rembesan tersebut bisa memicu kerusakan yang lebih parah pada sistem kemudi. 

    • Gigi Pinion Jadi Tumpu

    Ciri kerusakan rack steer berikutnya adalah adanya tampilan tumpul pada bagian gigi pinion. Komponen ini bisa jadi tumpul jika ada gesekan karena tidak ada pelumas.

    Penyebab Kerusakan