Berita

    Ketahui Gejala Sensor ECT Rusak & Cara Mencegahnya

    Kendaraan mobil Anda tentu memiliki banyak sensor untuk mendukung performanya. Termasuk kehadiran sensor ECT atau juga dikenal sebagai engine coolant temperature sensor (ECTS). Sensor tersebut adalah komponen yang berfungsi sebagai indikator suhu cairan pendingin mesin mobil.

    Fungsinya yang vital tersebut tentu membuat mesin sensor tidak boleh rusak dan Anda wajib mengetahui gejala kerusakannya. Tujuannya, agar Anda dapat mencegah kerusakan pada mesin sensor dan mengurangi performa mobil Anda. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    5 Gejala Sensor ECT Mobil Rusak

    Karena komponen sensor adalah salah satu komponen vital, maka Anda wajib menjaga kondisinya. Namun, terkadang 

            1. Lampu Check Engine Menyala

    Kehadiran lampu check engine menjadi indikator akurat bahwa ada yang bermasalah pada mobil Anda. Salah satunya jika ada masalah mesin sensor yang akan terdeteksi oleh lampu check engine. Jika mobil Anda sudah muncul indikator satu ini, wajib diperiksa dengan dibawa ke bengkel.

            2. Jarak Tempuh Mobil Jadi Pendek

    Gejala kedua yang patut Anda ketahui adalah sensor mesin yang sudah rusak memiliki gejala lampu check engine yang menyala, karena apabila sensor sudah rusak akan mengirim sinyal palsu pada ECU. Pada akhirnya membuat pengatur tekanan bahan bakar menyala tetapi tidak akurat.

    Lampu check engine yang menyala menyebabkan bahan bakar digunakan untuk memanaskan mesin mobil. Alasannya karena mesin sensor mengirim sinyal yang salah bahwa mesin mobil butuh dipanaskan, padahal sebaliknya. Ini yang menyebabkan Anda boros bahan bakar.

            3. Mesin Menjadi Overheat

    Karena kerusakan mesin sensor, pengaturan pendinginan mesin menjadi tidak akurat dan berakibat pada mesin mobil Anda overheat atau terlalu panas. Kipas pendingin pada mobil diatur oleh cairan pendingin mesin yang bekerja sesuai dengan pengaturan komputer ECU yang menerima sinyal dari sensor.

    Nah, apabila sensor mesin pendingin rusak maka tidak ada yang mengirim sinyal pendingin pada komputer. Hal ini yang membuat mesin mobil menjadi overheat dan tentunya akan sangat berbahaya bagi mobil Anda.

            4. Muncul Asap Hitam dari Knalpot

    Gejala umum yang dapat Anda perhatikan ketika mesin sensor rusak adalah munculnya asap hitam dari knalpot mobil. Hal ini sudah familiar karena jika ada suatu masalah pada mesin mobil, akan muncul asap hitam yang pekat dan tentunya berbahaya. Maka dari itu, gejala satu ini patut diperhatikan oleh Anda.