Berita

    Mengenal Komponen Tie Rod Pada Mobil & Fungsinya

    Sebagai pemilik mobil atau orang yang bergelut di dunia otomotif, tentu saja Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan tie rod mobil. Komponen ini penting sekali perannya karena memiliki pengaruh terhadap kestabilan saat mobil sedang dikendarai.

    Untuk dapat mengetahui lebih detail, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mari kita mulai dari fungsinya terlebih dahulu. Secara garis besar, komponen ini berfungsi untuk membuat mobil berjalan dengan stabil, lurus dan terkendali.

    Tie Rod Mobil dan Komponennya

    Komponen ini merupakan perangkat yang menghubungkan steering gearbox dan steering knuckle. Kedua perangkat ini terhubung dengan sistem kemudi sebuah mobil. Bagian ujung luar dan dalam komponen ini mengelilingi komponen adjusting sleeve.

    Dilihat dari garis besarnya, tie rod itu dibuat demi menjaga kondisi mobil agar tetap stabil dan nyaman saat dikendarai. Selain itu pula, dengan adanya komponen ini, mobil dapat bekerja secara terus menerus agar ban dan kaki-kaki mobil agar tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

    Fungsi Tie Rod Mobil Secara Keseluruhan

    Nah, ada tiga fungsi lainnya dari tie rod yang bisa dipelajari. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

    • Menghubungkan Gerakan Kemudi Ke Roda Depan

    Seperti yang dijelaskan, Tie rod untuk mobil adalah komponen paling utama yang berperan untuk menggerakkan kemudi dan ban depan. Ini berarti, saat setir mobil diputar, roda depan akan berputar secara otomatis sesuai arah setirnya.  

    Akan tetapi, mekanisme gerakan ini muncul melalui gearbox terlebih dulu sebelum nantinya ia diubah jadi gerakan mekanis yang menggerakkan roda mobil. Karena komponen inilah, mobil dapat berbelok ke kanan atau ke kiri sesuai keinginan.

    • Menyetel Jarak Sumbu Roda Depan

    Fungsi yang kedua, yaitu sebagai pengatur jarak antara kemudi mobil dengan jarak sumbu. Pada sistem tie rod, ada dua istilah yang sering digunakan, yaitu Toe -in dan Toe-out. Roda mobil yang ada di bagian depan dan belakang dapat bergerak dengan stabil berkat adanya Toe-in dan juga Toe-out.

    Di samping itu pula, adanya Toe ini dapat digunakan untuk meminimalisir ban aus secara tidak merata. Nah, perbedaan Toe-in dan Toe-out ini dapat diatur oleh siapa pun.

    Caranya adalah dengan melakukan setting pada long tie rod dan tie rod end. Dengan mengatur besar kecilnya jarak pada kedua komponen tersebut.  

    • Meredam Getaran