Berita

    Simak Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil yang Paling Ampuh & Mudah Dilakukan

    Tidak hanya kendaraan yang terparkir di luar ruangan, yang berada di dalam garasi pun harus selalu dijaga jika tidak ingin dimasuki hewan pengerat seperti tikus. 

    Jika terlanjur masuk, keberadaan tikus di mesin mobil bisa berakibat fatal karena banyak komponen yang terbuat dari karet dan plastik yang bisa mereka gigit. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini cara ampuh agar tikus tidak masuk ke mesin mobil. 

    Cara Mengusir Tikus di Mesin Mobil yang Simpel dan Efektif

    Ruang mesin memang tempat favorit hewan pengerat untuk bersembunyi, apalagi jika mobil tersebut jarang dibersihkan. Ada beberapa cara yang terbukti ampuh untuk mengusir tikus yang bisa Anda terapkan secara rutin, yaitu:  

            1. Menutup Akses Masuk

    Cara pertama agar tikus tidak masuk ke mesin mobil adalah dengan menyimpannya di garasi yang tertutup rapat. Namun, terkadang ada saja celah yang bisa dimasuki oleh tikus mengingat ukuran tubuhnya yang kecil. 

    Untuk pencegahan, menutup semua akses yang mungkin bisa dimasuki oleh hewan pengerat tersebut merupakan solusi yang terbaik. Misalnya, menutup celah kecil dengan kayu atau dengan cara diamplas. 

            2. Rutin Memanaskan Mobil 

    Tikus sangat menyukai suasana yang tenang dan lembab. Untuk itu, cara kedua yang harus dilakukan adalah dengan memanaskan mesin mobil secara rutin. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin tidak terlalu lama, hanya sekitar 3-5 menit saja. 

            3. Pasang Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

    Cara ekstrim untuk mencegah masuknya tikus di mesin mobil adalah dengan memasang alat ultrasonik pengusir tikus. 

    Suara berfrekuensi rendah yang keluar dari alat tersebut sangat mengganggu pendengaran tikus sehingga secara alamiah mereka akan menjauhi sumber suara. 

    Namun ingat, memasangnya harus hati-hati dan teliti karena bisa merusak interior dan mesin kendaraan Anda. Ini dikarenakan alat tersebut bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman atau pada saat diaktifkan. 

    Jadi, pastikan aki mobil dalam kondisi baik agar mobil bisa menyala saat digunakan keesokan harinya. 

            4. Pasang Lampu LED Low Voltage

    Jika menggunakan alat ultrasonik terlalu boros dan berbahaya, cara mengusir tikus di mesin mobil yang juga ampuh adalah dengan memasang lampu LED ultra yang low voltage.