Berita

    Simak Ciri - Ciri Kaki Mobil Yang Mengalami Kerusakan

    Kaki mobil adalah suspensi, pelek, dan ban. Mereka rentan mendapati kerusakan yang bisa menyebabkan berkurangnya keamanan saat berkendara. 

    Contohnya ban bisa mendadak mengalami keausan atau kerusakan tergantung pada penggunaan dan kontur jalanan. Begitu pula dengan anggota kaki yang lain seperti pelek dan suspensi.

    Maka, kaki-kaki memerlukan perhatian dan perawatan. Guna mengetahui permasalahan atau kerusakan, Anda sebaiknya mengetahui sejumlah ciri-cirinya. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

    10 Ciri kaki mobil rusak

    Mengidentifikasi kerusakan pada kaki-kaki kendaraan mobil dapat dilakukan dengan mengetahui 10 cirinya. 

    • Ban usang

    Ban yang telah usang atau aus merupakan tanda kerusakan pada kaki-kaki kendaraan mobil. Jika Anda menemukan ban dengan kondisi usang atau aus, dengan karakteristik keausan tidak rata sampai pada telapak dalam ban, lekaslah atasi ini.

    • Kikisan tapak ban

    Permukaan tapak ban mengalami kikis tidak rata atau dengan gelombang searah putaran roda merupakan tanda kerusakan kaki ban. Nah, kerusakan ini sendiri biasanya disebabkan oleh shockbreaker.

    Untuk mengetahui kaki rusak pada bagian shockbreaker, Anda bisa menggenjot bagasi mobil atau pangkal kap mesin berulang kali dengan tangan. 

    Jika mobil Anda hanya terayun sekali selesai kap dilepaskan tangan, ini berarti pertanda bahwa peredam getar mobil Anda masih dalam kondisi baik. Tapi. jika mobil terayun beberapa kali, sudah tentu shockbreaker rusak dan sebaiknya diganti.

    • Retakan dan penyokan pada pelek

    Jika Anda menemukan retakan atau penyokan pada pelek, ini pertanda bahwa terjadi kerusakan pada kaki mobil. Maka, Anda sebaiknya lekas mengganti pelek atau memperbaikinya di bengkel servis yang menawarkan layanan repair pelek.

    • Berubahnya spooring

    Untuk mengetahui perubahan pada spooring, Anda dapat mengarahkan setir dengan kondisi lurus. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk menjalankan mobil dengan kecepatan sedang sekitar 40-60 km/jam.

    Jika ketika melaju Anda mendeteksi arah mobil condong ke sisi tertentu, maka Anda dapat spooring. Namun kalau sudah spooring tapi mobil tetap melenceng, sudah pasti kaki mobil Anda sedang rusak.

    • Berubahnya arah roda

    Tanda kaki rusak salah satunya adalah perubahan arah roda. Jika saat mengemudi mobil Anda merasa ketidakstabilan roda, ke kanan lalu ke kiri, disertai rasa melayang dan setir yang bergerak liar, itu berarti tie rod mobil sudah rusak.