Berita

    Featured Image

    Ciri-ciri Pintu Mobil Anda Mengalami Kerusakan Parah

    Pintu mobil rusak tentu harus segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara. Selain itu hal ini juga harus jadi perhatian Anda untuk memastikan keamanan bagi pengemudi maupun penumpang di dalam mobil. 

    Kerusakan pada pintu mobil biasanya ditunjukkan dengan beberapa ciri. Mari cari tahu ciri-ciri apa saja yang bisa dikenali jika pintu mobil mengalami kerusakan. 

    Ciri-ciri Pintu Mobil Rusak

    Pintu merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Bagian ini digunakan untuk keluar masuk saat berkendara. Jika terjadi kerusakan pada bagian pintu, maka segera lakukan perbaikan.

    Ada beberapa kondisi yang menyebabkan pintu mobil Anda mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa ciri kerusakan pada pintu mobil yang bisa Anda kenali agar bisa segera mengambil langkah perbaikan secepatnya. 

    • Muncul Bunyi yang Tidak Biasa

    Ciri pertama yang sangat mudah untuk diketahui adalah muncul suara atau bunyi yang tidak biasa dari pintu mobil. Biasanya bunyi tersebut muncul saat pintu ditutup atau dibuka. 

    Jenis bunyinya bisa beragam, bisa berupa bunyi decit, gemeretak, dan lain sebagainya. Jika Anda merasa tidak pernah mendengarkan bunyi tersebut maka bisa berarti ini adalah tanda ada kerusakan atau sesuatu yang janggal pada bagian pintu. 

    Cobalah untuk mencari sumber suara asing tadi. Jika Anda merasa ragu, bawalah mobil ke bengkel untuk mengetahui sumber suara aneh tadi dan apa penyebabnya. 

    • Sulit Dibuka dan Ditutup

    Pintu mobil yang sulit dibuka dan ditutup juga bisa jadi merupakan salah satu tanda kerusakan. Dalam kondisi normal, pintu mobil seharusnya mudah untuk dibuka dan ditutup kembali. 

    Jika ada gangguan pada bagian pintu mobil maka Anda akan kesulitan untuk membuka maupun menutupnya. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan dan kelancaran selama berkendara. 

    Lebih baik segera perbaiki pintu mobil Anda sebelum terjadi kerusakan lebih lanjut. Pastikan pintu mobil kembali mudah untuk dibuka dan ditutup seperti biasa. 

    • Posisi Miring

    Ciri lain yang menjadi tanda bahwa pintu mobil rusak adalah posisinya tidak lurus. Coba perhatikan baik-baik apakah pintu mobil Anda dalam posisi lurus atau tidak. Jika posisinya miring, berarti ada bagian yang rusak. 

    Biasanya pintu mobil miring merupakan akibat dari rusaknya karet pada bagian pintu. Karet mobil yang sudah aus bisa menjadi salah satu faktor penyebab posisi pintu jadi miring. 

    • Karet Pintu Tampak Rusak

    Selanjutnya Anda juga bisa memperhatikan bagian karet pintu. Tentunya Anda perlu memastikan bahwa fisik karet pintu mobil dalam kondisi bagus. 

    Jika Anda melihat adanya tanda kerusakan pada fisik karet pintu, cobalah untuk segera memperbaikinya. Ganti karet pintu dengan yang baru sehingga pintu mobil bisa berfungsi normal seperti biasa. 

    • Ada Angin yang Masuk

    Kerusakan pada bagian pintu mobil juga bisa ditandai dengan adanya angin yang masuk ke kabin mobil. Jika pintu dalam kondisi normal maka pintu tersebut akan menutup dengan sempurna dan kedap. 

    Apabila Anda merasakan ada angin masuk ke kabin mobil padahal pintu dalam posisi tertutup, berarti ada sesuatu yang salah. Segera lakukan pemeriksaan dan kalau perlu bawa mobil Anda ke bengkel untuk perbaikan.