Berita

    Featured Image

    Ini Penyebab Ban Tubeless Malah Sering Kempes

    Ada banyak penyebab yang membuat ban tubeless melembung dan sering kempes. Salah satunya karena kurangnya perawatan dari pemilik kendaraan, sehingga membuat tekanan udara di dalam ban menyusut.

    Ban tubeless sering kali dipilih pemilik mobil karena sifatnya yang tahan bocor. Meskipun demikian, bukan berarti ban ini tidak bisa kempes. 

    Sama seperti ban biasa, volume udara di dalam ban tubeless juga bisa menyusut dan membuatnya sering kempes. Untuk mengetahui apa saja penyebab ban tubeless sering kempes, simak penjelasan di bawah ini. 

    Penyebab Ban Tubeless Melembung dan Sering Kempes 

    Sebelum mengatasi masalah pada ban tubeless Anda harus mencari tahu lebih dulu apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab ban tubeless sering kempes yang mungkin belum Anda ketahui. 

    • Terjadi Masalah pada Velg Mobil 

    Sebenarnya ban sering kempes tidak hanya disebabkan karena karet ban yang bermasalah. Tapi juga bisa ditimbulkan karena jarang membersihkan velg dari debu dan kotoran. 

    Pasir dan kotoran yang menempel pada velg akan meningkatkan gesekan pada ban mobil saat melaju di jalan. Jika dibiarkan terus-menerus akan membuat ban mobil cepat aus dan mudah kempes. 

    Selain karena jarang dibersihkan, ban mobil sering kempes juga bisa disebabkan karena bentuk velg sudah tidak ideal (bengkok). Velg mobil yang bengkok bisa menyebabkan bocor halus sehingga membuat ban sering kempes. 

    • Pentil Ban Aus dan Longgar

    kempes karena pentil aus

    \Jika bagian velg tidak bermasalah mungkin ban mobil Anda sering kempes karena pentilnya sudah aus dan longgar. Pentil ban tubeless yang sudah usang dapat mengakibatkan tekanan udara tidak tersimpan dengan baik. 

    • Permukaan Ban Tertancap Benda Tajam

    Ketika tertancap paku biasanya ban tubeless tidak langsung kehilangan tekanan udara yang ada di dalamnya. 

    Sehingga kadang membuat pengendara tidak menyadari jika ban mobilnya tertancap paku atau benda tajam lainnya.

    Walaupun memiliki ketahanan yang cukup kuat ban tubeless bisa mengalami bocor halus dan membuatnya mudah kempes. 

    Itu sebabnya, ketika tertancap benda tajam ban tersebut harus segera ditambal agar tekanan udara di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

    • Kondisi Ban Sudah Usang

    Usia yang terlalu lama juga  membuat ban tubeless melembung dan mudah kempes. Semua jenis ban pasti memiliki batas waktu pemakaian, maka dari itu Anda wajib menggantinya secara berkala.

    Agar terhindar dari ban kempes atau melembung sebaiknya jangan menggunakan ban yang usianya lebih dari 6 tahun. 

    Karena kondisinya pasti sudah sangat keras dan mudah retak/pecah. Jika tetap dipaksakan akan membahayakan pengemudi dan penumpang karena ban sudah tidak mampu lagi menahan beban berat. 

    • Mobil Jarang Dipakai

    Ban tubeless mudah kempes sering terjadi pada kendaraan yang jarang dipakai. Volume udara di dalam ban juga bisa berkurang karena pemuaian. 

    Saat suhu panas udara di dalamnya akan memuai dan sebaliknya saat suhu dingin udara di dalam ban akan menyusut. 

    Bila dibandingkan dengan ban biasa, tipe ban tubeless memang lebih aman dari risiko kebocoran. Jika ingin kondisi ban mobil tetap bagus sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin.

    Supaya mobil Anda terhindar dari ban tubeless melembung dan gampang kempes. Jangan lupa juga ganti ban mobil lama Anda dengan yang baru jika sudah melebihi batas masa pemakainya.