Berita

    Ketahui Cara Mengecas Aki Mobil yang Benar

    Mengecas aki mobil adalah suatu hal yang penting dan sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Nah, untuk melakukannya pengecasan, siapapun perlu untuk mempelajari tentang bagaimana prosedur atau langkah-langkah yang benar agar tidak keliru.

    Lalu, bagaimana Anda biasanya melakukan pengecasan aki? Apakah dengan bantuan tenaga profesional? Pastinya hal tersebut merogoh kocek. Padahal, sebenarnya Anda sendiri bisa melakukan pengecasan aki di rumah dengan mengetahui cara-cara yang ada di artikel ini!

    Cara Mengecas Aki Mobil 

    Pengecasan rutin adalah bagian dari perawatan. Jadi, semakin rutin aki dicas, maka semakin baik pula performanya. Dengan begitu, performa mobil pun bisa menjadi lebih stabil. Nah, mari praktekkan langkah-langkah melakukan pengecasan aki dalam poin dan penjelasan berikut:

    • Melepas Aki

    Langkah pengecasan aki yang pertama yaitu melepaskannya dari mobil. Dalam proses pelepasan, sebaiknya Anda berhati-hati, terutama apabila mobil Anda membutuhkan reset Electronic Control Unit (ECU). Salah penanganan sedikit saja dapat menimbulkan kerusakan. 

    Nah, kerusakan tersebut bisa menyebabkan performa mobil menjadi turun. Tidak hanya itu, Anda pun sebaiknya mengetahui bahwa tujuan dari pelepasan aki yakni supaya keamanan tetap terjaga ketika proses mengecas berlangsung. 

    Sebab, ketika Anda mengecas aki mobil, umumnya air aki yang tengah mendidih mampu menciptakan gelembung yang dapat memasuki lubang ventilasinya. Air tersebut pun sangatlah berbahaya untuk body mobil. Di kulit manusia pun demikian. 

    Mengetahui hal tersebut, Anda lebih baik melepas aki sebelum memproses pengecasan. Ini penting supaya keamanan dan keselamatan ketika pengaplikasian dapat tetap terjaga dengan baik. 

    • Membuka Tutup Aki Secara Seksama

    Sesudah sukses mengeluarkan aki, maka langkah berikutnya yakni membuka tutup ventilasinya. Ini bertujuan sebagai pemeriksaan ketinggian air aki mobil sebelum pengecasan diproses.

    Apabila Anda merasa volume air tersebut menyusut, maka cukuplah menambahkannya menggunakan air aki berbotol biru atau air suling. Jadi, tambahkan saja air tersebut sampai ketinggiannya menyisakan ⅓ bagian.

    Intinya, dalam langkah mengecas aki mobil satu ini, Anda dihimbau supaya tidak mengisi air aki sampai penuh, yakni segaris batas level air. Sebab, pengecasan aki bisa menyebabkan elemen di dalamnya mengembang lalu memengaruhi volume airnya.