Berita

    Ketahui Gejala Kabel Busi Mobil Rusak

    Kabel busi mobil adalah salah satu komponen penting bagi kendaraan, sebab berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dalam sistem pengapian mobil. Apabila kabel busi mobil rusak, performa mesin akan menurun akibat terjadinya kerusakan di sistem pengapian.

    Misalnya, mesin akan terasa bergetar dan tidak berfungsi dengan baik, atau mobil menjadi lebih sulit dihidupkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali ciri-ciri kerusakannya sebelum terlambat dan menimbulkan masalah lebih besar.

    Gejala Kabel Busi Mobil Rusak

    Sebenarnya, kerusakan pada kabel busi mobil kebanyakan baru bisa diketahui ketika mobil menjadi sulit dihidupkan. Namun selain itu, ada beberapa gejala lain yang terkadang luput diperhatikan pemilik mobil, yaitu sebagai berikut.

    • Mesin Sulit Dihidupkan

    Sebagaimana penjelasan di awal, ciri utama rusaknya kabel busi mobil adalah mesin menjadi sulit dihidupkan/distarter. Penyebabnya adalah kinerja sistem pengapian yang tidak lagi optimal akibat masalah pada bagian busi.

    Apabila kabel busi rusak, maka aliran listriknya akan terganggu sehingga sistem pengapian tidak bisa bekerja sempurna untuk melakukan pembakaran. Dampaknya, mobil akan sulit dinyalakan menggunakan starter.

    • Terjadi Misfire

    Jika dibiarkan terus menerus, sistem pengapian akan berpotensi mengalami misfire, yaitu rusaknya sistem pengapian sehingga bahan bakar tidak bisa terbakar sempurna. Akibatnya, arus listrik jadi tidak stabil atau tegangannya menjadi lebih rendah.

    Selain menjadi susah menyala, hal ini juga membuat mesin bergetar dan tidak berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, ketidakstabilan arus listrik juga bisa merusak komponen elektronik lain, atau membuat mesin tidak memiliki daya yang cukup.

    • Muncul Percikan Api

    Gejala selanjutnya adalah muncul percikan api dari bagian mesin yang terjadi karena kebocoran kabel busi, dan umumnya terjadi secara berulang dengan interval yang sering. Jika dibiarkan, hal ini bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

    Pasalnya, komponen di sekitar busi mobil sangat sensitif terhadap api. Artinya, apabila percikan api tersebut mengenai komponen lain, hal ini bisa memicu timbulnya ledakan atau kebakaran.

    • Mesin Cepat Panas

    Selain dari percikan api, gejala kabel busi mobil rusak juga ditandai oleh peningkatan suhu mesin yang membuat mobil menjadi lebih cepat panas. Hal ini bisa dideteksi dengan mengecek langsung suhu pada area kabel busi.