Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Berdengung pada Kecepatan Rendah

    Merawat mobil menjadi kewajiban apabila Anda menggunakannya setiap hari. Namun, bila Anda acuh tak acuh dengan kondisi mobil, akan muncul berbagai permasalahan pada mobil. Salah satunya adalah mobil berdengung kecepatan rendah yang menjadi indikasi masalah.

    Anda pun tidak akan merasa nyaman mengendarai mobil yang terus mengeluarkan suara dengung, bahkan saat Anda berkendara dalam kecepatan di bawah normal. 

    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda wajib memahami 6 hal yang berpotensi jadi penyebab mobil Anda berdengung. Mari simak di bawah ini.

    6 Hal Penyebab Mobil Berdengung Kecepatan Rendah

    Ada berbagai hal yang bisa memicu suara dengung pada mobil, yang terdiri dari:

    1. Pompa Power Steering Mobil Anda Rusak

    Penyebab pertama berhubungan dengan pompa power steering yang rusak. Hal ini dapat terjadi apabila jenis mobil Anda merupakan keluaran lama, tepatnya sebelum tahun 2012, yang power steering-nya masih sistem hidrolik menggunakan pompa.

    Apabila komponen tersebut kondisinya mulai aus, maka besar kemungkinan suara dengung muncul saat Anda menginjak gas mobil maupun membelokkan setir. 

    2. Kompresor AC Mobil Aus 

    Kemungkinan pemicu mobil berdengung kecepatan rendah selanjutnya adalah kompresor air conditioner mobil yang aus. Ini dapat terjadi ketika mobil Anda kekurangan oli, sehingga menimbulkan suara mesin yang berdengung saat Anda menginjak gas.

    Bunyi dengung diperkirakan dapat berasal dari metal dalam kompresor AC yang sudah aus. Terlebih saat metal-metal tersebut bergesekan, maka bunyi dengung yang keluar bisa lebih mengganggu. 

    Jadi, Anda bisa mengatur AC pada suhu terdingin agar dapat memastikan apakah suara dengungnya berasal dari kompresor AC yang aus.

    3. Arah Putaran Ban Keliru

    Ban pada mobil didesain untuk berputar satu arah. Namun, umum terjadi saat Anda melakukan perputaran, arah putar ban menjadi keliru. Hal tersebut bisa saja menghasilkan suara dengung akibat kontak antara ban dengan aspal. 

    Anda juga bisa mengecek sudah seberapa tua usia ban mobil. Jika usia ban mobil di atas tiga tahun, sebaiknya Anda segera menukarnya dengan ban baru agar berkendara terasa lebih aman dan nyaman.

    4. Bearing Roda Mobil Aus

    Penyebab mobil berdengung kecepatan rendah yang satu ini patut Anda cari tahu. Mengingat fungsi bearing roda depan adalah untuk menahan beban kendali mobil, maka apabila bearing roda sudah aus bukan tidak mungkin menimbulkan suara berdengung.