Berita

    Mengenal Berbagai Jenis Knalpot Mobil: Perbedaan dan Keunggulannya

    Bagi para pecinta otomotif, memodifikasi knalpot mobil pastikan memberikan kepuasan tersendiri. Pasalnya hal ini dapat membuat performa mesin lebih baik dan penggunaan bahan bakar pun lebih irit. Selain itu, suaranya pun bisa akan sesuaikan dengan keinginan Anda.

    Bagi Anda yang punya rencana memodifikasi onderdil ini, kenali terlebih dahulu jenis-jenis dan keunggulan knalpot agar Anda lebih puas.  

    Jenis-Jenis Knalpot Mobil

    jenis knalpot

    freepik.com

    Spare part ini dibuat sebagai media untuk mengeluarkan gas hasil pembakaran mesin. Meskipun pada dasarnya fungsi semua knalpot itu sama, tapi masing-masing jenisnya punya keunggulan tersendiri. Misalnya saja:

    • Single Exhaust

    Knalpot jenis ini adalah tipe yang paling umum dan banyak digunakan, terutama pada mobil produksi pabrikan yang dijual melalui dealer resmi.

    Kelebihannya adalah mudah dipasang, modifikasi sesuai keinginan, dan suara knalpot lembut, dan sesuai untuk kendaraan dengan empat silinder atau kurang.

    • Dual Rear Exhaust

    Untuk pengguna mobil sport atau yang ingin mobilnya terlihat sporty pada visual mobil, knalpot jenis ini disarankan sangat disarankan.

    Ia memiliki dua saluran keluar di sisi berlawanan bagian belakang mobil. klaimnya, ia dapat meningkatkan kinerja mesin hingga 20%, mempercepat pembuangan gas dari mesin, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    Selain itu, jenis ini memiliki suara layaknya knalpot yang bertenaga. Tentunya ini pas untuk mobil yang punya lebih dari empat silinder dan mesin dengan perbandingan kompresi tinggi.

    • Opposite Dual Exhaust

    Meskipun mirip dengan knalpot dual rear exhaust, opposite dual exhaust terdiri dari dua pipa knalpot dan dua lubang keluar. 

    Knalpot ini kebanyakan digunakan pada kendaraan besar, misalnya truk kontainer dan kapal laut oleh sebab gas pembakaran yang dikeluarkannya tidak mengotori muatan.

    • High Performance Exhaust

    Knalpot satu ini termasuk jenis khusus dengan pipa lebar yang dirancang untuk meningkatkan kinerja mesin. Jenis knalpot yang banyak dipakai pada mobil balap ini tidak standar seperti manifold komponen perlu dimodifikasi.

    • Dual Side Exhaust

    Tampilannya mirip dengan opposite dual exhaust, yaitu memiliki lubang pembuangan yang menghadap ke sisi kanan dan kiri mobil, bukan ke belakang. 

    Banyak kasus menunjukkan bahwa pipa yang digunakan pada knalpot ini lebih kecil ketimbang pipa pada knalpot single exhaust.

    Alhasil, suara yang dihasilkan jadi lebih nyaring dan gahar. Komponen ini mampu menaikkan performa mesin bersuara mirip high-performance exhaust dan harganya lebih terjangkau. Pantas saja pemilik super car sering mengincar jenis knalpot ini.

    Komponen Penting pada Knalpot Mobil