Berita

    Simak Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor

    Selang radiator adalah salah satu komponen yang terbuat dari karet yang terletak di dalam sistem pendingin mobil. Letaknya di antara radiator dan mesin dan dipisahkan oleh kipas radiator, Anda harus mengetahui penyebab selang radiator mobil bocor yang seringkali terjadi.

    Sebenarnya komponen ini berfungsi untuk mendinginkan mesin dengan cara mengalirkan cairan pendingin, yang nantinya akan kembali ke mesin. Ketika selang bocor, tentunya proses pendinginan tidak berjalan dan mesin bisa jadi overheat.

    Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor

    Ada beberapa penyebab utama dari selang bocor yang akan dijelaskan berikut ini.

    • Konektor Tidak Rapat

    Salah satu tanda untuk bisa melihat apakah selang radiator mobil bocor atau tidak bisa dilihat di bagian konektor, bisa saja bagian tersebut tidak rapat atau malah rusak.

    Lihat di bagian selang, bila terdapat tetesan air maka memang bocor. Untuk mengatasi, Anda tinggal mengencangkan klem. Atau bisa juga secara otomatis sesuai dengan sistem kendaraan.

    • Selang Radiator Tertekuk

    Ketika kondisi ini terjadi, cairan pendingin akan terhambat dan tidak bisa mendinginkan mesin secara maksimal. Bila terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, maka selang akan retak kecil dan menyebabkan kebocoran.

    • Degradasi Elektrokimia

    Degradasi ini disebabkan oleh logam yang ada dalam sistem pendingin yang menghasilkan listrik. Muatan listrik berbeda ini bisa menyebabkan keretakan di dalam selang.

    Bagaimana cara mengecek masalah ini? Coba tekan ujung selang, bila ada bagian yang lebih lembut daripada yang lain, maka langsung ganti dengan selang yang baru.

    Ciri Selang Radiator Mobil Bocor

    Setelah mengetahui penyebab utama dari selang radiator mobil bocor, Anda harus tahu juga tentang ciri selang yang rusak. Ketika selang bocor, pastinya akan berpengaruh sistem pendinginan. Berikut ini adalah ciri yang perlu diperhatikan:

    • Kotoran Pada Tutup Radiator

    Bila ada kotoran di radiator, bisa jadi itu karena ada cairan radiator yang mengandung garam di dalamnya.

    • Karat Pada Permukaan Radiator

    Korosi memang berbahaya untuk mesin. Nah bila ini terjadi di radiator mobil, Anda harus hati-hati. Karat disebabkan karena air radiator yang mengandung garam di dalamnya.

    • Tetesan Air di Bumper