Berita

    Featured Image

    Cara Mengatasi Bunyi Gluduk pada Bagian Mobil

    Bunyi gluduk pada mobil seringkali menjadi sumber kekhawatiran bagi banyak pengemudi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi bunyi gluduk pada bagian mobil Anda.

    Pasalnya, suara ini bisa menandakan adanya masalah pada komponen kaki-kaki mobil yang perlu segera diatasi. Selain mengganggu kenyamanan berkendara, bunyi tertentu juga bisa mengindikasikan kerusakan yang berpotensi membahayakan keselamatan di jalan.

    5 Penyebab dan Cara Mengatasi Bunyi Gluduk pada Bagian Mobil

    Biasanya, bunyi gluduk pada bagian mobil berasal dari komponen kaki-kaki mobil atau biasa juga disebut sasis (chassis). Karena itu, ini dia berbagai kemungkinan penyebab dan cara mengatasi bunyi aneh pada bagian kaki-kaki mobil:

    • Keausan pada Long Tie Rod

    Long tie rod adalah komponen yang terdiri atas tie rod, rack end, serta ball joint. Berbagai komponen ini bekerja sama untuk menjaga gerakan kaki-kaki mobil agar tetap selaras dengan gerak setir.

    Namun jika salah satu komponen tersebut aus, maka akan terjadi kelonggaran yang menyebabkan bunyi gemuruh atau gluduk-gluduk. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh cara mengemudi yang tidak tepat saat melewati jalan rusak.

    Sebab, mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalan yang berlubang dapat membuat long tie rod menerima beban berat, sehingga komponen ini cepat aus.

    Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk selalu mengemudi dengan kecepatan yang wajar, khususnya saat di jalan rusak. Jika sudah terdengar bunyi yang aneh, maka segera periksa dan ganti komponen yang aus di bengkel terpercaya.

    • Karet Bushing Arm Menipis

    Kemungkinan penyebab selanjutnya adalah karena bushing arm. Ini adalah komponen yang berperan untuk menahan getaran dari mesin dan ban mobil.

    Setiap mobil biasanya memiliki delapan buah bushing arm yang terletak di bagian depan dan belakang. Jika karet pada bushing arm menipis atau bahkan rusak, Anda akan mendengar bunyi berisik saat berkendara, terutama di jalan bergelombang.

    Solusi terbaiknya adalah mengganti karet bushing arm yang aus tersebut. Jadi, pastikan untuk memeriksa komponen ini secara berkala dan menggantinya dengan yang baru jika diperlukan.

    • Bushing Stabilizer Longgar

    Bushing stabilizer adalah komponen yang berfungsi untuk menahan getaran dari link stabilizer agar tidak merambat ke bagian chassis. Namun, bushing ini bisa menjadi longgar, tipis, atau rusak akibat pemakaian yang sudah terlalu lama.

    Selain itu, jika karet isolator pada bushing stabilizer aus, maka bushing stabilizer pun akan longgar dan menimbulkan bunyi gluduk.

    Cara mengatasi bunyi gluduk pada bagian mobil ini adalah dengan menggantinya dengan komponen baru, dan pastikan baut pengikat bushing stabilizer terpasang dengan kencang.

    • Shockbreaker Mati

    Selanjutnya, jika shockbreaker atau peredam kejut mati hingga tidak mampu meredam guncangan dengan baik, maka setiap kali mobil melewati jalan tidak rata, bunyi gluduk-gluduk akan terdengar.

    Anda bisa melakukan pemeriksaan sendiri dengan cara merasakan ayunan dari shockbreaker. Jika terasa sensasi naik-turun setelah melewati jalan tidak rata, kemungkinan besar peredam kejut Anda sudah rusak.

    Solusinya, ganti shockbreaker yang rusak dengan yang baru untuk mengembalikan performa kaki-kaki mobil dan kenyamanan berkendara.

    • Kerusakan Karet Pendukung Shockbreaker

    Pada bagian atas komponen shockbreaker, terdapat karet pendukung yang berfungsi meredam getaran ban agar tidak merambat ke bodi mobil.

    Kerusakan Karet Pendukung Shockbreaker

    Jika karet ini rusak atau aus, bunyi gluduk-gluduk akan terdengar saat mobil melewati jalan tidak rata. Bunyi tersebut biasanya berasal dari arah roda bagian atas.

    Untuk mengatasi, ganti karet support shockbreaker yang rusak dengan yang baru dan pastikan baut pengikatnya terpasang dengan kencang.