Berita

    Immobilizer: Fungsi & Cara Kerja Pada Kendaraan Mobil

    Jika Anda masih awam dengan istilah yang satu ini, immobilizer mobil adalah mekanisme yang dirancang untuk mencegah mesin menyala ketika kunci yang tidak sesuai dipakai untuk menghidupkan mobil.

    Di era yang semakin tinggi tingkat kriminalitasnya, immobilizer pada mobil merupakan penyelamat bagi para pemilik kendaraan karena dinilai sebagai fitur yang efektif dan anti maling. 

    Untuk mengetahui fungsi immobilizer yang lebih detail lagi dan bagaimana immobilizer yang ada pada mobil ini bekerja, simak penjelasan yang telah kami rangkum berikut ini.

    Mengenal Immobilizer Mobil Lebih Dalam

    Dengan memiliki mekanisme immobilizer pada mobil Anda, mesin dapat dicegah untuk menyala ketika kunci kontak yang digunakan tidak sesuai meskipun memiliki pattern yang sama.

    Immobilizer mobil menggunakan variasi gelombang radio sebagai identitas mobil yang dikenali. Melalui sistem inilah hanya ada satu kunci saya yang dapat dipakai untuk menghidupkan mesin mobil meskipun semua kunci lain dapat masuk lubang ignition key-nya.

    Komponen-komponen yang Ada Pada Immobilizer

    Sistem anti maling yang satu ini memiliki tiga komponen utama yang bekerja bersama-sama untuk mengoptimalkan fungsinya. Berikut adalah penjelasan tentang ketiga komponen tersebut.

    • Transmitter

    Pertama adalah transmitter yang menjadi komponen pada immobilizer mobil. Transmitter nantinya akan mengirimkan gelombang radio dengan frekuensi yang telah ditentukan untuk ke bagian control module.

    • Transponder

    Komponen selanjutnya pada immobilizer disebut sebagai transponder. Setelah sinyal gelomabang radio dikirmkan oleh transmitter, maka transponder-lah yang menerimanya.  Transponder kemudian mengirimkan sinyal ini ke control module untuk diidentifikasi.

    • Theft Deterrent System

    Komponen berikutnya dari immobilizer adalah theft deterrent system. Komponen ini berfungsi sebagai pengelola gelombang radio yang telah dikirimkan oleh transmitter dan diidentifikasi oleh transponder.

    Kemudian, theft deterrent system nantinya yang akan mematikan dan menyalakan sirkuit sistem pengapian sesuai dengan hasil identifikasi lalu menghidupkan relay fuel pump-nya.

    Cara Kerja Immobilizer pada Mobil

    Setelah mengenali komponen-komponen yang ada pada immobilizer beserta fungsinya, berikut adalah penjelasan tentang cara kerja dari mekanisme anti maling yang satu ini.