Berita

    Simak Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak

    Ada berbagai macam kejadian yang membuat kaca mobil retak, mulai dari kejatuhan ranting/buah, terkena goresan kawat wiper, lemparan kerikil atau benda tumpul, dan lain sebagainya. Jika dibiarkan, kondisi kaca mobil yang retak tersebut akan semakin parah. 

    Tentunya kondisi kaca yang retak tersebut akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara. Tidak perlu risau harus menyiapkan dana besar untuk menggantinya, karena kaca yang retak tersebut bisa diperbaiki dengan mudah. Begini caranya!

    Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak 

    Kaca mobil yang retak bisa diperbaiki dengan cara yang simpel tanpa harus dibawa ke bengkel. Apabila sekadar keretakan kecil pada kaca mobil (retak rambut), masih bisa diperbaiki sendiri dengan menggunakan bahan resin. 

    Caranya adalah dengan menyuntikkan bahan tersebut ke bagian kaca yang retak. Begini cara memperbaiki kaca mobil yang mengalami retak rambut:

            1. Bersihkan Kaca

    Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melepas kaca film (coating kaca mobil) lalu membersihkan area kaca yang retak rambut. Pastikan semua kotoran yang menempel benar-benar hilang, baik itu berupa sisa debu, serpihan kaca mobil, atau pasir. 

    Cara membersihkannya bisa dengan menyiram air secukupnya, lalu gunakan lap atau kanebo untuk menyeka kaca hingga kering secara sempurna. Bila diperlukan, Anda bisa menggunakan sikat kecil untuk mengangkat serpihan kaca yang masih menempel. 

    Ingat, kondisi kaca harus benar-benar bersih dan kering untuk mempermudah proses perbaikan yang selanjutnya. 

            2. Lubangi Kaca

    Langkah kedua dalam memperbaiki kaca mobil yang retak adalah menyiapkan bor berukuran halus untuk melubangi bagian kaca yang retak. Proses pengeboran kaca depan mobil harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak memperparah tingkat kerusakannya. 

    Buatlah lubang di sepanjang retakan secukupnya sebagai tempat untuk menyuntikkan cairan lem atau resin. 

            3. Suntikkan Resin

    Langkah yang ketiga adalah dengan mulai melakukan proses penyuntikan resin ke dalam lubang di sekitar kaca mobil retak yang telah Anda buat sebelumnya. 

    Proses penyuntikan ini harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati menggunakan alat suntik khusus. Pastikan semua lubang telah tertutup sempurna dengan resin. Jika ada cairan resin yang meluber, segera lap dengan kain bersih agar tidak menimbulkan bekas.