Berita

    Featured Image

    Mengapa Membersihkan Throttle Body Sama Pentingnya dengan Intake Manifold

    Ternyata, membersihkan throttle body dan intake manifold sama-sama penting, sebab memiliki peran esensial dalam menjaga performa mesin kendaraan. 

    Kedua komponen ini adalah bagian dari sistem asupan udara yang bekerja sama menyalurkan udara ke ruang bakar mesin. Jika udara yang dialirkan bersih dan lancar, ini bisa mengurangi emisi dan penghematan bahan bakar kendaraan Anda. Tentu menguntungkan, bukan?

    Meski begitu, kedua komponen ini sering kali tidak dibersihkan sehingga membuat tarikan kendaraan menjadi lemot. 

    Endapan debu yang membandel membuat performa mesin bisa menurun. Simak alasan lebih lengkap mengapa Anda harus membersihkan komponen ini demi kenyaman berkendara. 

    Ini Alasan Mengapa Anda Harus Membersihkan Throttle Body 

    Ada lima alasan penting mengapa wajib membersihkan komponen ini pada kendaraan kesayangan Anda. 

    • Tarikan Mesin Lebih Ringan 

    Jika intake manifold tidak rutin dibersihkan, endapan kotoran ini akan membuat tarikan gas menjadi tidak bertenaga. Sama halnya dengan throttle body, jika tidak dirawat dengan baik, komponen ini akan berkerak. 

    Jika Anda membiarkannya saja, tarikan mesin akan terasa lebih berat. Hal ini terjadi karena kotoran dan debu telah menumpuk sehingga mengganggu proses pembacaan atau deteksi sensor. 

    Sementara itu, masih banyak orang yang belum menyadari sepenuhnya alasan mengapa tarikan mesin tiba-tiba menjadi lebih berat. Padahal ini terjadi karena komponen katup throttle kotor. 

    Maka dari itu, Anda perlu membersihkan komponen ini agar tarikan mesin menjadi lebih ringan dan nyaman. 

    • Mesin Terhindar dari Kerusakan

    Membersihkan komponen katup throttle juga bisa menghindarkan mesin kendaraan Anda dari kerusakan. Saat komponen ini kotor, debu dan kotoran akan menumpuk sebab tidak sepenuhnya tersaring oleh filter udara. Lalu, apa akibatnya?

    Jika penumpukan debu dan kotoran ini didiamkan saja terus-menerus, kerusakan mesin dan komponen lainnya menjadi tidak terhindarkan. 

    Inilah mengapa Anda perlu membersihkan komponen ini meski harus melakukan pembongkaran yang penuh dengan ketelatenan. 

    • Performa Mesin Meningkat

    Alasan lain mengapa merawat kebersihan kedua komponen ini penting adalah demi performa mesin yang lebih baik. Saat dua bagian kendaraan ini bersih, aliran udara ke mesin menjadi lancar. 

    Hal inilah yang dapat membantu meningkatkan performa dan respons gas. Throttle yang bersih memastikan bahwa katup gas dapat membuka dan menutup dengan lancar. Anda akan merasakan respons instan saat pedal gas diinjak. 

    Begitu pula dengan intake manifold yang bersih, udara dapat disalurkan secara merata ke setiap silinder mesin. Inilah yang dapat mengoptimalkan pembakaran di setiap tahapnya. 

    • Bahan Bakar jadi Hemat

    Jangan sepelekan alasan ini, membersihkan katup throttle dapat membantu menghemat bahan bakar. 

    Ketika kotoran menumpuk pada komponen katup throttle dan intake manifold, aliran udara menjadi terhambat. Alhasil, mesin harus bekerja lebih keras dan konsumsi bahan bakar menjadi meningkat. 

    Maka dari itu, dengan membersihkan komponen ini secara teratur, Anda bisa mengurangi biaya untuk bahan bakar kendaraan. 

    • Mesin jadi Awet

    Percayalah bahwa setiap perawatan rutin akan memberikan dampak positif untuk komponen kendaraan Anda. 

    Menjaga kebersihan katup throttle juga berkontribusi untuk menjaga mesin agar tetap prima dan memperpanjang usia pakai. Anda tentu ingin mesin kendaraan tetap awet, bukan? 

    Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu membersihkan throttle body dan intake manifold yang bisa membawa sederet manfaat. Anda bisa menjaga performa mesin hingga menghemat bahan bakar.