Berita

    Kenali Jenis-Jenis Dongkrak Mobil

    Pemilik mobil wajib tahu mengenai standar perlengkapan yang harus ada di dalam mobil. Bukan hanya tujuan keselamatan, alat perlengkapan ini dapat membantu Anda dalam keadaan darurat, salah satunya ada dongkrak mobil.

    Fungsi dongkrak adalah sebagai pompa yang dapat mengangkat mobil untuk dilakukan pemeriksaan pada bagian bawah mobil atau umumnya digunakan untuk mengganti ban yang bocor. Jenis dongkrak yang biasa digunakan pada mobil pun beragam. 

    5 Jenis Dongkrak Mobil yang Sering Digunakan

    Berikut adalah 5 jenis dongkrak yang salah satunya pasti terdapat dalam mobil Anda. Yuk cari tahu sama-sama!

    • Dongkrak Gunting

    Dongkrak yang sangat cocok digunakan oleh pemilik kendaraan kecil dengan ukuran beban di bawah 2 ton. Sayangnya, Anda harus mengeluarkan tenaga yang banyak untuk menggunakan dongkrak jenis ini karena tidak memiliki sistem hidrolik.

    Meski tanpa hidrolik, dongkrak gunting sangat mudah untuk dilakukan perawatan dan harga untuk dongkrak ini sangat terjangkau. Ukurannya kecil dan mudah disimpan pada mobil kecil sekalipun.

    Cara menggunakannya adalah dengan mengencangkan bagian baut secara bersama-sama dengan tongkat engkol seperti arah jarum jam. 

    Sebaliknya, untuk melonggarkannya, putar baut dengan arah yang berlawan dari cara Anda mengencangkannya.

    • Dongkrak Buaya

    Setiap Anda membeli mobil baru, pastinya Anda mendapatkan dongkrak sebagai standar perlengkapan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa dongkrak tersebut dapat rusak atau hilang.

    Jika hal tersebut terjadi, segera ganti dongkrak mobil Anda dengan dongkrak jenis buaya. Mengingat dongkrak menjadi alat perlengkapan yang wajib terdapat di dalam mobil untuk keadaan darurat.

    Bentuk dari dongkrak ini seperti buaya. Dongkrak ini memiliki hidrolik dan mudah digunakan untuk berbagai kondisi jalanan. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan roda sehingga mempermudah penggunanya untuk berpindah tempat.

    • Dongkrak Botol

    Bentuk dari jenis dongkrak satu ini memang sangat mirip dengan bentuk botol pada umumnya. Terdapat bagian atas dongkrak memiliki tabung yang lebih kecil dibandingkan dengan tabung bagian bawahnya. 

    Untuk menggunakan hidrolik pada dongkrak botol, cukup naik turunkan tuas seperti pompa agar mobil dapat terangkat. Sebelum itu, pastikan bagian kecil pada tuas pengungkit telah Anda kencangkan terlebih dahulu.