Berita

    Featured Image

    Perbedaan Kualitas Shockbreaker Aftermarket dan Original

    Hampir setiap komponen mobil memiliki usia pakai yang berbeda-beda, termasuk shockbreaker atau suspensi belakang yang pasti perlu diganti jika sudah datang masanya. Fungsi sokbreker pada kendaraan sangat vital, sehingga kualitas sparepart tidak boleh diragukan.

    Jika suspensi belakang rusak, maka kenyamanan dan keamanan berkendara dapat terganggu. Namun, terkadang pemilik kendaraan bingung harus memilih produk sokbreker aftermarket atau OEM (Original Equipment Manufacturer). Simak ulasan kualitas keduanya di bawah ini!

    Shockbreaker Original

    Komponen sokbreker sangat penting fungsinya demi menjaga suspensi kendaraan lebih nyaman. Sehingga memilih sparepart sokbreker harus teliti dan detail. Pilihan pertama, yaitu sokbreker original tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, simak di bawah ini:

    • Kualitas Terjamin

    Shockbreaker original atau OEM (Original Equipment Manufacturer) memiliki kelebihan dari segi kualitas. Karena sparepart original diproduksi oleh pabrik yang sama dengan produsen kendaraan, tentu standar kualitasnya sama .

    Sehingga, kemungkinan salah ukuran atau tidak cocok akan semakin kecil. Anda bisa menghemat waktu jika memilih shockbreaker original OEM.

    • Ada Jaminan Garansi

    Salah satu keunggulan dari shockbreaker original adalah jaminan garansi yang sewaktu-waktu bisa diklaim apabila terdapat kendala pemasangan. Hal ini yang tentu menguntungkan bagi konsumen agar tidak merasa dirugikan.

    Selain itu, sokbreker OEM memiliki garansi yang bisa memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen. Jadi, konsumen tak perlu berpikir dua kali dalam memilih sparepart satu ini.

    • Harga Relatif Mahal

    Setelah keunggulan dari sokbreker OEM, selanjutnya Anda dapat mengetahui kekurangannya. Pertama, tentu dari segi harga yang mana sokbreker OEM cenderung relatif mahal. Karena hal ini berkaitan dengan kualitas dan keandalan produk.

    • Pilihan Merk Terbatas

    Kekurangan selanjutnya adalah pilihan merk dan kondisi sparepart yang terbatas. Hal ini dikarenakan ketika Anda memilih sokbreker OEM, merk dan model tentu terbatas hanya satu aja menyesuaikan merk produsen pabrikannya.

    Sehingga Anda menjadi terbatas untuk memilih model atau merk yang diinginkan. Berbeda dengan produk sokbreker aftermarket yang akan dibahas di bawah ini.

    Opsi Shockbreaker Aftermarket

    Selanjutnya, ada opsi sokbreker aftermarket yang bisa jadi alternatif Anda ketika memilih komponen tersebut. Berikut ini kelebihan dan kekurangan sokbreker aftermarket yang perlu Anda ketahui:

    • Harga Relatif Terjangkau

    Pertama, Anda harus tahu keunggulan sokbreker aftermarket yaitu harganya yang relatif murah dan terjangkau. Dibandingkan sokbreker OEM yang harganya relatif tinggi, Anda bisa memilih sokbreker aftermarket jika budget terbatas.

    • Tersedia Beragam Model

    Kelebihan lainnya adalah sokbreker aftermarket cenderung memiliki ragam model dan merek yang bisa Anda coba untuk disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda. Pilihan model dan merek ini bisa menguntungkan apabila Anda bisa tepat memilih.

    • Sulit Mencari Kualitas Bagus

    Namun, ada kekurangan dari sokbreker aftermarket yang perlu Anda ketahui yaitu sulit mencari sokbreker yang berkualitas bagus. Memang, tentu ada produk aftermarket yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Tapi, hal tersebut perlu riset dan ketelitian yang lebih. Karena semakin banyak produk aftermarket yang sama, maka semakin sulit membedakan mana produk yang berkualitas dan produk yang tidak berkualitas.

    • Kualitas Patut Dipertanyakan

    Akibatnya, Anda akan berpikir dua kali dalam memilih produk sokbreker aftermarket. Hal ini yang menjadi kekurangan dari produk sokbreker aftermarket. Jika Anda memiliki waktu terbatas, tentu aspek satu ini dapat menghambat Anda.

    Jadi, Pilih Sokbreker Original atau Aftermarket?

    Jadi, pertanyaannya mana sokbreker tepat yang harus Anda pilih? Jawabannya tergantung kebutuhan dan anggaran yang Anda memiliki. Beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih antara keduanya, adalah:

    • Anggaran yang tersedia saat ingin mengganti sokbreker.

    • Pertimbangan preferensi Anda demi performa dan kenyamanan berkendara.

    • Lakukan riset dengan detail tentang berbagai merek sokbreker

    • Baca testimoni atau ulasan dari berbagai pelanggan lainnya.