Berita

    Ini Pengertian Horse Power dan Torsi Dalam Industri Otomotif

    Istilah horse power dan torsi sangat akrab dalam dunia otomotif. Kedua istilah ini biasa terdengar, ketika orang ingin menjelaskan atau menggambarkan bagaimana tenaga yang dihasilkan oleh sebuah mesin baik mobil maupun motor. Horse power dan torsi memang sama-sama menggambarkan kekuatan mesin mobil. Tetapi keduanya sangat berbeda. Horse power lebih mengarah pada kecepatan yang ada pada mobil. Sementara torsi berkaitan dengan kekuatan pada mobil atau kendaraan.

    Kedua istilah ini juga memiliki jenis satuan yang berbeda, dengan hitungannya masing-masing yang akan menjelaskan secara komprehensif bagaimana kemampuan yang dimiliki oleh sebuah mesin kendaraan.

     

    Singkatan dan Pengertian

    Horse power atau HP pada mesin mobil berhubungan dengan satuan tenaga kuda pada sebuah mobil. Secara historis, istilah ini diperkenalkan seorang insinyur di Skotlandia yang menjelaskan kemampuan rata-rata sebuah kuda poni dalam mengangkut beban. Ia menjelaskan kuda poni itu mampu mengangkut 550 pound atau setara dengan 249,4 kilogram dengan jarak sejauh 30,48 cm dalam kurun waktu 1 detik. Berat tersebut kemudian dikalikan dengan 60 detik, sehingga menghasilkan 33 ribu foot pound per minute. Perhitungan ini yang kemudian menjadi dasar perhitungan baku 1 HP. Dalam dunia modern horse power atau daya kuda memiliki ukuran 1 horse power setara dengan 735,5 – 745,7 watt. Ini berarti pengukuran 1 horse power memiliki daya yang sangat besar untuk dijadikan sumber energi. Dalam perkembangannya hitungan daya kuda 1 HP sama dengan 764 watt

    Torsi memiliki maksud berbeda, ia digunakan untuk menghitung suatu gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah benda pada titik porosnya. Torsi penting untuk menggerakan kendaraan bermotor seperti mobil dari keadaan diam sampai melaju. Besar kecilnya torsi pada mesin biasanya berpengaruh pada percepatan perubahan letak suatu kendaraan dari satu titik ke titik yang lain. Torsi lebih menekankan pada tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

    Satuan Horsepower dan torsi

    Kedua istilah ini memiliki satuan masing-masing. Horse power yang berhubungan dengan tenaga menjelaskan bagaimana sebuah energi yang dikeluarkan mesin mampu mencapai top speed atau kecepatan tertinggi. Satuan yang dipakai untuk tenaga itu adalah horsepower (Hp) atau PS (Pferdestärke). Berbeda dengan torsi yang menekankan perhitungan pada energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak, yang identik dengan tenaga yang dihasilkan mesin. Satuan yang digunakannya adalah Newton (Nm) atau Kilogram Meter (Kgm).