Berita

    Kenali Fungsi Engine Brake Mobil

    Berkendara di jalan menurun memang penuh tantangan. Kinerja rem juga biasanya jadi semakin berat di medan yang menurun sehingga pengemudi harus menggunakan engine brake mobil. Mari, kenali lebih dekat apa sebenarnya fungsi dari rem ini!

    Apa Itu Engine Brake Mobil? 

    Saat berkendara, pengemudi bisa menggunakan berbagai macam teknik untuk mengendalikan mobil. Termasuk saat harus berhenti, pengemudi bisa menggunakan beragam teknik pengereman dan salah satunya adalah engine brake

    Engine brake ini merupakan teknik pengereman yang dilakukan dengan melepaskan gas dan menurunkan posisi persneling ke bagian gigi yang paling rendah. Teknik ini dilakukan untuk memperlambat laju mobil dan meringankan tenaga mesin. 

    Saat teknik pengereman ini dilakukan biasanya suara mesin akan terdengar jauh lebih kuat, seolah seperti meraung. Dari suaranya memang tampak mengerikan namun sebenarnya teknik ini aman untuk dilakukan dan tidak akan merusak mesin. 

    Engine brake dapat dilakukan ketika pengemudi berada di jalanan menurun. Jika dalam kondisi tersebut pengemudi terus memakai rem kaki, maka temperatur rem bisa naik signifikan dan membuat rem kehilangan daya cengkeram. 

    Fungsi Engine Brake

    Dari penjelasan mengenai pengertian engine brake mobil tadi sebenarnya bisa dipahami apa fungsi dari teknik pengereman ini. Berikut ini beberapa fungsi dari engine brake agar lebih mudah dipahami oleh pengemudi:

    • Meringankan Kerja Rem Kaki

    Fungsi pertama adalah meringankan kerja dari rem kaki. Saat melaju di jalan menurun, pengguna secara otomatis harus mengendalikan laju kendaraan. Jika rem kaki dijadikan satu-satunya andalan maka rem tersebut harus terus diinjak. 

    Seperti yang sudah dijelaskan tadi, saat rem kaki terus diinjak dan digunakan maka temperaturnya bisa meningkat. Jika sudah terjadi hal semacam ini maka daya cengkeram rem bisa berkurang dan lebih parahnya lagi rem bisa blong. 

    • Menghemat Bahan Bakar

    Engine brake juga akan membantu menghemat pemakaian bahan bakar pada mobil. Saat dilakukan teknik pengereman engine brake, maka tidak akan ada suplai bahan bakar ke ruang pembakaran mesin. 

    Mobil yang melaju di jalanan menurun sebenarnya bisa dengan mudah melaju karena dorongan alami. Oleh sebab itu teknik engine brake ini sangat disarankan. Rem bisa beristirahat dan konsumsi bahan bakar juga bisa lebih hemat. 

    • Menurunkan Gigi Transmisi