Berita

    Kenali Komponen AC Mobil dan Fungsinya

    Komponen AC mobil ternyata terdiri dari beberapa bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Dengan mempelajari fungsi AC mobil, dapat membuat Anda memahami cara perawatannya.

    Serta, apa penyebab yang menimbulkan kerusakan padanya. Karena ternyata AC mobil tidak hanya satu, meskipun namanya sama-sama AC tetap saja fungsinya bermacam-macam. 

    AC menjadi komponen dalam mobil yang tergolong penting. Tanpa AC bisa dibayangkan betapa geraknya berada di dalam mobil saat siang hari. 

    Hal itu tentu sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Jadi simak sampai bawah, apa saja komponen AC pada mobil beserta fungsinya.

    Inilah Komponen AC Mobil yang Harus Anda Kenali

    Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen di AC mobil tentu saja membuat kinerja keseluruhan AC dapat terganggu. bahkan kerusakan itu bisa merembet kepada komponen yang lainnya. Nah, Apa sajakah komponen AC pada mobil?

    • Kompresor AC

    Komponen yang satu ini bertugas untuk mengalirkan gas freon untuk sistem AC. Apabila tidak ada kompresor maka AC tidak akan bekerja secara optimal. Kompresor AC terdiri dari bagian saluran hisap serta saluran buang. 

    Saluran hisap pada kompresor AC bertekanan rendah. Sementara itu, saluran buang memiliki tekanan yang tinggi. Saluran hisap terhubung ke evaporator sementara saluran buang terhubung ke kondensor.

    • Kondensor AC

    Selanjutnya adalah kondensor pada AC mobil, komponen yang satu ini bertugas sebagai cooler atau pendingin. Prinsip kerja kondensor dengan melepaskan panas yang berasal dari freon disertai dengan bantuan cooling fan  untuk proses pendinginan.

    • Receiver Dryer

    Tidak kalah penting, receiver dryer memiliki peranan untuk memfilter kotoran maupun debu yang berpotensi memasuki sistem AC mobil. Jadi, jangan sampai bagian ini mengalami penumpukan kotoran. 

    Apabila demikian dapat menghambat kinerjanya dan membuat AC pada mobil Anda cepat rusak. Rekomendasi terbaik untuk melakukan pembersihan receiver dryer adalah setidaknya sekali dalam setahun.

    • Expansion Valve

    Memiliki bentuk seperti kutub L, persegi ataupun panjang, komponen ini berfungsi untuk mengkonversi freon yang cair ke bentuk gas melalui proses spraying. Sehingga freon memiliki suhu yang lebih dingin saat memasuki evaporator.

    • Evaporator