Berita

    Ketahui Alasan Oli Mobil Cepat Berkurang

    Oli mobil cepat berkurang merupakan hal yang tidak begitu wajar. Sebab, itu menandakan adanya kendala dalam mobil. Untuk mendeteksi kendala, Anda sebaiknya mencari tahu tentang penyebab terjadinya susutan oli yang begitu cepat.

    Artikel kali ini akan membahas tentang penyebab tersebut. Maka demikian, ketahui poin-poin dan penjelasannya berikut ini. Dengan begitu, Anda bisa mudah memahami dan melakukan tindakan preventif.

    Faktor Penyebab Oli Mobil Cepat Berkurang

    Sewajarnya, oli mesin memang mengalami penyusutan. Hal ini dikarenakan terjadi penguapan kurang lebih 10% dari total volume ketika dilakukan pergantian oli. Namun, jika oli tersebut berkurang sangat cepat, mungkin terdapat penyebab seperti di bawah ini:

    • Kebocoran Seal Mesin

    Alasan pertama yang jelas menyebabkan oli cepat berkurang adalah karena terdapat mesin yang bocor. Sebenarnya, hal tersebut merupakan kebocoran yang berlangsung dalam seal packing di mana posisinya ada pada sela sambungan mesin.

    Segala kendaraan bermotor, termasuk mobil, menggunakan seal pada sambungan mesin. Sebab penggunaan yang tidak sebentar, seal tersebut dapat mengeras, lalu dapat memicu robek pada seal.

    Dampak rusaknya seal di sambungan mesin itu mampu menyebabkan oli mesin mengalami penguapan dengan cepat dan akhirnya habis. Untuk mengetahui penyebab ini, cukup cek daerah sambungan mesin. Kerusakan seal ditandai dengan kebocoran.

    • Kerusakan Ring Piston

    Salah satu pemicu oli mobil cepat berkurang adalah karena adanya kerusakan pada seher atau ring piston. Nah, kerusakan tersebut dapat ditilik dari putihnya asap knalpot, yang terkadang eksis ketika mesin mobil tengah dihidupkan.

    Keluarnya asap berwarna putih dari knalpot dapat terjadi, sebab terdapat oli atau pelumas yang ikut terbakar ketika proses pembakaran berlangsung dalam mesin mobil. Nah, oli terbakar itu dapat memasuki piston, lalu menyebabkan asap putih.

    Anda dapat mendeteksi tingkat parahnya kerusakan dengan mengetahui karakteristik asap putih yang melesat dari knalpot. Semakin pekat, maka semakin parah tingkat kerusakannya.

    • Kerusakan Ring Seher

    Kerap kali, ring seher atau penahan oli dalam ruang pembakaran tidak mampu berfungsi optimal. Komponen ini tidak memiliki kemampuan lagi dalam menahan oli, sehingga pelumas itu bisa memasuki ruang bakar saat terjadi proses pembakaran.