Berita

    Ketahui Cara Mengisi Freon AC Mobil yang Benar

    AC sudah menjadi komponen wajib di setiap mobil. Tetapi, freon yang habis dapat membuat AC mobil jadi tidak dingin. Penyelesaiannya, Anda dapat mengisi freon AC mobil di rumah atau di bawa ke bengkel terdekat.

    Kehadiran AC mobil tidak bisa diremehkan apalagi dengan suhu bumi yang semakin naik. Bayangkan jika Anda terjebak macet dan AC mobil tidak berfungsi, perjalanan Anda pasti jadi tidak nyaman. 

    Maka dari itu, penting bagi Anda untuk merawat komponen AC mobil dengan rutin. Salah satunya dengan mengetahui cara mengisi freon yang sudah habis atau menipis.

    Cara Mengisi Freon AC Mobil

    Freon (refrigerant) untuk AC mobil adalah senyawa kimia berbentuk gas yang berfungsi sebagai sumber pendingin udara dan zat alir yang menyerap beban pendingin. Freon tidak berwarna atau tidak memiliki bau. 

    Jika sudah habis, hembusan udara yang dikeluarkan AC akan berkurang dan suhu di dalam mobil menjadi panas. Oleh karena itu, pengisian ulang freon sangat berdampak pada dinginnya suhu AC. Langkah-langkah yang bisa Anda ikuti di saat ingin mengisi freon AC:

    • Siapkan Alat yang Dibutuhkan

    Jika Anda ingin mengisi freon AC sendiri, maka Anda perlu menyiapkan beberapa alat yang dapat mempermudah pengisian, seperti manifold gauge atau manometer gauge, vacuum pump, tabung refrigerant, oli kompresor AC, gelas ukur, dan leak detector.

    • Periksa Dulu Tekanan Freon AC pada Mobil

    Cara mengisi freon AC mobil kedua adalah mengecek tekanan dari freon (rendah atau tinggi). Kedua tekanan ini memerlukan tahapan yang berbeda di saat mengisi freon. Untuk mengetahui tekanan ini pada mobil Anda, gunakan alat manifold gauge.

    Kemudian, pasang selang yang terhubung dengan alat ke port yang ada. Jika tekanan berada di antara 15-40 psi, berarti tekanan freon AC rendah. Tekanan freon pada 160-250 psi berarti tinggi.

    • Kosongkan Freon Sebelumnya dan Bersihkan Sistem AC

    Freon sebelumnya harus dikosongkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar freon baru tidak tercampur dengan sisa freon lama. Kalau tercampur, hal ini dapat mempengaruhi performa AC mobil.

    Anda bisa menggunakan manifold gauge untuk mengosongkan freon lama dengan menghubungkan selang ke katup tekanan tinggi dan rendah. Selang merah untuk tekanan tinggi, sedangkan selang biru ke yang rendah.

    Hubungkan selang kuning ke pompa vakum, lalu nyalakan. Buka katup dan tunggu beberapa menit agar freon lama sudah tidak lagi tersisa. Setelah selesai, tutup lagi katup dan matikan pompa vakum.

    • Isi Oli atau Pelumas untuk Kompresor AC