Berita

    Mengenal Fungsi Kaliper Rem pada Mobil

    Salah satu komponen yang penting dalam sistem pengereman mobil adalah caliper atau kaliper rem. Meski istilah ini tidak terlalu familiar, namun penting untuk memahami seperti apa fungsi dari rem ini.

    Tidak hanya itu, caliper juga memiliki jenis yang berbeda dengan fungsinya yang sangat beragam. Seperti apa fungsi dari komponen sistem pengereman pada mobil ini? Berikut simak penjelasan mengenai kaliper rem serta cara kerjanya!

    Tentang Kaliper Rem

    Caliper adalah komponen dalam sistem pengereman yang terletak pada satu sistem rem cakram. Komponen ini terbilang cukup krusial pada sistem pengereman cakram karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan mobil.

    Jenis caliper ini terbagi menjadi dua yang digunakan pada mobil, yaitu floating caliper dan fixed caliper.Jenis floating caliper yang berfungsi untuk menekan kampas rem dan terletak di bagian brake support. Jenis ini memiliki piston rem pada satu sisi untuk menekan kampas rem. 

    Selanjutnya untuk jenis fixed caliper terletak di bagian brake support dan menyatu langsung sehingga tidak memiliki risiko berkerak. Adapun fungsinya ialah untuk menekan kampas rem di sisi yang memiliki piston rem.

    Fungsi Kaliper Rem pada Mobil

    Caliper memiliki fungsi utama untuk menjepit kampas dan piringan cakram. Adapun fungsi lainnya terdiri dari beberapa poin berikut ini!

    • Mengendalikan Laju Kendaraan

    Komponen ini memiliki peran penting untuk mengendalikan kecepatan laju kendaraan. Bisa dikatakan, komponen ini sangat vital karena mempengaruhi kinerja keamanan serta kenyamanan penumpang dan pengendara di dalam mobil.

    Jika suatu saat mengalami kerusakan, tentu akan mempengaruhi laju kendaraan yang bisa membahayakan pengendara. Sebaliknya, jika komponen ini bekerja dengan baik, maka perjalanan Anda akan aman saja.

    Maka dari itu, pastikan Anda harus selalu mengecek kondisi kaliper untuk memastikan keamanan dalam berkendara. Lakukan pengecekan secara rutin terutama ketika akan bepergian jarak jauh.

    • Mengatur Proses Pengereman

    Kaliper rem berfungsi untuk mengatur kendaraan saat akan berhenti sehingga bisa diatur selama proses pengereman berlangsung. Jika Anda bisa berhenti di tempat dengan aman, maka komponen ini sedang bekerja dengan baik. 

    Caliper mampu mengurangi kecepatan secara efektif ketika Anda sedang melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Dengan fungsi penting ini, proses pengereman pun dapat bekerja dengan maksimal.

    • Memperpendek Jarak Pengereman 

    Biasanya proses pengereman harus dilakukan dari jarak jauh terlebih dahulu. Namun, dengan adanya caliper, komponen ini bisa membantu Anda untuk memperpendek jarak pengereman dengan mudah.

    Cara kerjanya yang sangat sederhana dapat mengerem mobil secara otomatis dan mengurangi resiko yang membahayakan. Bisa dikatakan caliper ini mampu membantu memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap pengendara dan penumpang di dalam mobil.

    • Menekan Piringan Cakram

    Di dalam caliper terdapat piringan cakram sehingga ada bagian untuk digunakan menekan kampas rem. Bagian tersebut berfungsi untuk menekan piringan cakram sehingga kendaraan dapat berhenti dengan sempurna.

    Singkatnya, ketika Anda menginjak pedal rem, maka ada gaya gesekan antara kampas dengan piringan. Saat itu kampas rem akan menahan panas dari piringan lalu berputar secara optimal.

    Karena adanya tekanan pada bagian ini, mobil bisa berhenti dengan optimal. Namun sebaiknya Anda perlu menggunakan kampas rem dari bahan seperti sinter, asbes, semi metal, atau keramik.

    • Mengefisiensikan Pengereman

    Peran selanjutnya, kaliper rem dapat membuat sistem pengereman lebih efisien. Hal ini karena adanya komponen bernama sticking brake pad yang dapat membantu sistem pengereman lebih efektif.

    Ketika mobil akan mengerem, maka akan adanya pantulan dan kebisingan. Dari sini sistem pengereman bisa dilakukan lebih cepat dan menjadi lebih efisien. Tidak hanya itu, fungsi ini juga mampu mempertahankan perangkat keras di dalam mobil.

    • Mengurangi Kecepatan Roda Kendaraan

    Fungsi lainnya juga bisa mengurangi kecepatan pada roda mobil Anda. Ketika proses pengereman berlangsung, caliper akan bekerja sama dengan komponen pengereman lainnya sehingga bisa mengurangi laju kendaraan dari rodanya.

    Proses ini yang bisa membuat mobil berhenti dengan sempurna di waktu yang tepat. Dengan kinerja yang optimal, ini juga bisa mengurangi resiko kecelakaan saat pengereman.

    • Menyalurkan Gaya Dorong ke Cakram Rem

    Caliper berfungsi untuk menyalurkan gaya dorong ke cakram secara optimal. Bagian ini terdiri dari piston yang membantu menyalurkan gaya dorongan agar sampai ke piringan cakram rem.

    Seal piston yang memiliki bentuk seperti tabung dapat mengurang terjadinya kebocoran minyak rem dan bisa membantu memperlambat laju roda kendaraan. Dari situ, mobil bisa mengerem secara perlahan setelah pedal rem diinjak.

    Komponen Rem Cakram

    komponen rem mobilFreepik.com

    Kaliper rem merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam rem cakram mobil. Selain kaliper ada beberapa jenis komponen lain yang bekerja sama untuk menjalankan proses pengereman bekerja dengan optimal. Apa saja itu?

    • Pedal, yang berfungsi untuk mendorong piston pada silinder master sehingga ada tekanan minyak rem di dalam saluran pengereman atau disebut brake hose.

    • Silinder master, berfungsi untuk meneruskan tekanan terhadap minyak rem dari pedal untuk menggerakkan piston di dalam kaliper agar menjadi tekanan hidraulis.

    • Reservoir, berfungsi untuk menampung minyak rem atau fluida pada master rem.

    • Brake House, atau saluran pengereman yang berfungsi sebagai tempat saluran minyak rem dari pedal ke kaliper.

    • Piston, berfungsi untuk meneruskan tekanan dari pedal melalui silinder master, kemudian mendorong kampas rem atau brake pad.

    • Kampas rem, atau brake pad yang akan menerima dorongan dari piston dan nantinya komponen ini akan menjepit piringan rem.

    • Disc plate atau piringan rem, berfungsi mengurangi kecepatan kendaraan sehingga dapat berhenti dengan sempurna ketika kampas rem ditekan.

    Cara Kerja Kaliper Rem

    Setelah memahami apa saja fungsi dari kaliper rem, penting juga untuk mengetahui cara kerja caliper yang digunakan dalam sistem pengereman. Perlu Anda ketahui bahwa mekanisme kerja pada komponen kaliper adalah menggunakan prinsip kerja hidrolik.

    Bagaimana cara kerja seperti itu? Jadi, ketika caliper dalam kondisi mengembang, maka bagian piston akan memberikan gaya dorong ke rem cakram bagian dalam. Proses ini akan membuat jarak dan kecepatan laju kendaraan terhenti.

    Namun, apabila kondisi caliper dalam posisi awal maka bagian piston di kedua sisi kaliper akan memadat.

    Demikian penjelasan terkait apa itu kaliper rem disertai dengan fungsi, dan cara kerjanya. Hal ini tentunya sangat penting untuk Anda pahami agar tidak menyepelekan komponen rem satu ini.

    Dengan memahami sistem pengereman yang ada, Anda pun akan lebih sadar terhadap merawat komponen rem pada mobil Anda. Sehingga kendaraan Anda terjamin dari segi keamanan dan kenyamanannya jika dirawat secara optimal.