Berita

    Featured Image

    Penyebab dan Biaya Perbaikan Kap Mesin Rusak

    Kap mesin mobil Anda rusak? Jangan panik, kap mobil tidaklah sulit untuk diperbaiki dan umumnya tidak sampai menguras kantong secara berlebihan. 

    Kondisi kap kendaraan yang rusak sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, sebelum memahami penyebabnya, penting untuk mengenali seperti apa tanda-tanda kap mobil yang rusak. 

    Kerusakan pada komponen ini biasanya ditandai dengan memudarnya warna cat pada kap, engselnya yang macet, adanya baretan atau goresan, kap yang penyok, dan lain sebagainya. 

    Lantas, berapa biaya yang harus disiapkan untuk memperbaiki kerusakan pada kap?

    Penyebab Kap Mesin Mobil Rusak

    Sebelum mengetahui estimasi biaya perbaikan, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kerusakan pada kap kendaraan. 

    • Tabrakan atau Kecelakaan

    Kap kendaraan Anda penyok parah? Hal ini biasanya terjadi akibat benturan keras ataupun kecelakaan. Saat terjadi kecelakaan, kap mobil sering kali menjadi sasaran utamanya. 

    Apalagi jika Anda bertabrakan dengan separator jalan atau kendaraan orang lain. Perbaikan kap mobil yang penyok umumnya akan sulit dilakukan sendirian. Anda membutuhkan bantuan dari teknisi dari bengkel profesional. 

    • Korosi

    Engsel kap macet? Kerusakan ini timbul akibat adanya korosi pada bagian engsel kap mobil. Jika tidak diperbaiki secara langsung, karat bisa menyebar ke seluruh bagian kap mobil. 

    Selain engsel, pengait atau pengunci kap juga berpotensi mengalami korosi. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menyemprotkan penetran atau memberikan sedikit pelumas pada komponen tersebut. 

    Namun, jika pengunci kap sudah rusak parah, tidak ada jalan lagi selain menggantinya dengan yang baru. 

    • Terpapar Panas Berlebihan

    Kap mobil rusak juga bisa diakibatkan oleh terpaparnya panas dari sinar matahari ataupun dari mesin. Paparan panas ini umumnya akan membuat warna kap memudar dan semakin kusam. 

    Bahkan paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan retak dan pengelupasan pada lapisan cat kap mobil. Maka dari itu, untuk menghindari kerusakan ini, Anda perlu memarkirkan mobil pada area yang teduh. 

    Anda juga bisa mengurangi panas dari mesin dengan memasang alat peredam panas di bawah permukaan kap. 

    • Adanya Tindakan Kurang Tepat saat Mencuci Mobil

    Kap mobil bisa baret dan retak jika Anda melakukan tindakan yang tidak tepat saat mencuci kendaraan. 

    Menggosok permukaan kap dengan alat yang kasar bisa menimbulkan baretan dan goresan. Selain itu, penggunaan bahan pembersih yang keras juga dapat menghilangkan kilauan cat kap mobil. 

    • Kotoran dan Debu

    Kotoran dan debu yang tidak dibersihkan secara terus-menerus juga bisa menimbulkan kerusakan pada permukaan kap. Partikel-partikel kecil ini kerap kali diabaikan oleh pemilik mobil yang tanpa disadari bisa merusak cat warna pada kap. 

    Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan pada kap?

    Estimasi Biaya Perbaikan Kap Mesin

    Proses perbaikan kap mobil biasanya tidak cukup sulit. Namun, bengkel maupun teknisi profesional akan menentukan biaya perbaikan sesuai dengan tingkat kerusakan kap mobil. 

    Jika kap mobil Anda penyok kecil, biaya perbaikannya tentu tidak akan mahal. Akan tetapi, jika kap pada mesin mobil mengalami kerusakan parah, penggantian komponen tersebut menjadi tidak terhindarkan. 

    Untuk biaya perbaikan penyok ringan, biasanya Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 1.000.000,-. Namun, jika kap mobil rusak parah sehingga perlu mengganti lebih dari satu panel, Anda bisa mengeluarkan uang lebih dari Rp 3.0000.000,-.