Berita

    Perlengkapan Penting untuk Perjalanan Bersama Keluarga

    Perjalanan bersama keluarga merupakan momen yang sangat menyenangkan. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum liburan bersama keluarga adalah menyiapkan perlengkapan perjalanan. 

    Supaya perjalanan dan liburan Anda berjalan lancar maka Anda perlu menyiapkan perlengkapan perjalanan dengan tepat terutama jika Anda membawa anak-anak. 

    Daftar Perlengkapan Penting untuk Perjalanan bersama Keluarga

    Jika Anda bingung harus membawa barang apa saja, berikut ada beberapa perlengkapan penting yang perlu dibawa untuk perjalanan keluarga:

    • Surat-Surat Penting

    Pertama, jangan lupa untuk mengemas surat-surat penting dan kartu identitas yang diperlukan dalam perjalanan. Jika Anda akan melakukan perjalanan ke luar negeri, maka jangan lupa membawa paspor Anda dan keluarga.

    Apabila Anda akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan seperti mobil maka jangan lupa untuk membawa SIM dan STNK.

    • Pakaian Ganti dan Aksesoris

    Jumlah dan jenis pakaian ganti yang dibawa bisa disesuaikan dengan lama perjalanan dan kondisi cuaca tempat tujuan liburan. Dalam perjalanan bersama keluarga, Usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak pakaian ganti.

    Untuk berjaga-jaga jika cuaca berubah-ubah, Anda bisa membawa pakaian dan aksesoris yang sekiranya diperlukan baik pada cuaca panas maupun dingin. 

    Beberapa contoh aksesoris dan pakaian yang bisa Anda bawa diantaranya yaitu jaket, handuk, topi, kacamata hitam, kaos kaki, sandal, syal, selimut, jas hujan, payung dan sebagainya. 

    • Makanan dan Minuman

    Meskipun Anda bisa membeli makanan atau minuman saat di perjalanan namun alangkah baiknya jika makanan, camilan, dan minuman sudah disiapkan sebelum berangkat. Supaya lebih hemat Anda bisa membuat bekal makanan sendiri.

    Selain membawa makanan dan camilan yang disukai keluarga, Anda juga perlu membawa air minum. Air minum ini penting supaya anggota keluarga tidak mengalami dehidrasi selama di perjalanan. 

    • Perlengkapan Kebersihan

    Anda perlu membawa perlengkapan kebersihan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anggota keluarga selama dalam perjalanan. 

    tisuUnsplash.com

    Beberapa perlengkapan kebersihan yang bisa Anda bawa diantaranya tisu kering dan tisu basah, hand sanitizer, sabun, sampai sikat gigi. Jangan lupa membawa kantong plastik untuk membungkus pakaian kotor dan sampah makanan atau minuman!

    • Kotak P3K dan Obat-obatan

    Guna mengantisipasi jika keluarga sakit atau terluka Anda juga harus membawa perlengkapan P3K dan obat-obatan seperti plester, krim atau cairan antiseptik, obat pereda nyeri seperti ibuprofen, minyak herbal, dan sejenisnya.

    Apabila keluarga ada yang menderita penyakit dan mengharuskan minum obat maka jangan lupa untuk membawa obat pribadi yang diperlukan. Untuk menjaga kesehatan kulit Anda juga perlu membawa lotion anti nyamuk dan sunscreen.

    • Perlengkapan Hiburan

    Anak-anak biasanya sangat mudah bosan saat di perjalanan oleh karena itu jangan lupa untuk membawa mainan yang disukai oleh anak Anda seperti puzzle, bola, buku bacaan atau buku mewarnai, dan sebagainya.

    Siapkan juga perlengkapan perjalanan bersama keluarga lainnya yang diperlukan misal tikar piknik, kamera, alat olahraga, pelampung, dan lainnya.

    • Charger dan Powerbank

    Ponsel adalah alat komunikasi yang sangat penting sehingga jangan sampai ponsel Anda kehabisan baterai dan mati saat di perjalanan. Untuk memastikan baterai ponsel selalu penuh jangan sampai lupa membawa charger dan powerbank.

    Itulah beberapa perlengkapan penting untuk perjalanan bersama keluarga. Supaya tidak ada barang yang tertinggal atau terlalu membawa banyak barang, Anda bisa mencatat barang atau perlengkapan apa saja yang perlu dibawa.

    Selain membawa perlengkapan, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik sehingga perjalanan tidak terganggu karena mobil rusak di tengah jalan. Periksakan kondisi kendaraan Anda sebelum bepergian dengan service mobil Anda di bengkel tepercaya!