Berita

    Simak Step Ganti Ban Mobil Yang Perlu Diketahui

    Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pemilik mobil adalah mengganti ban saat bocor di jalan. Sebab apabila tidak bisa ganti ban mobil sendiri, maka akan kerepotan apabila tak menemukan bengkel.

    Tenang saja, skill ini bisa dengan mudah dipelajari kok. Asalkan mau mengikut beberapa langkah berikut, dan terus belajar.

    Alat untuk Ganti Ban Mobil Sendiri

    Sebelum mengetahui langkah untuk mengganti ban pada mobil, Anda harus mempersiapkan beberapa alat penting berikut ini. 

            1. Ban Cadangan

    Terpenting yang harus dibawa adalah ban serep. Jangan lupa untuk selalu memeriksa keadaan ban cadangan Anda ya apabila akan bepergian.

            2. Kunci Ring

    Kunci ring adalah sebuah kunci dengan lingkaran di kedua sisi. Lingkaran ini terdiri dari berbagai ukuran yang harus disesuaikan dengan ban mobil Anda. 

            3. Kunci Roda

    Selanjutnya adalah kunci roda. Bentuk kunci ini seperti huruf X. Ada lubang mur pada setiap sisinya, dengan ukuran mur yang berbeda. Fungsinya untuk memasang dan juga melepas mur pada ban.

            4. Dongkrak

    Dongkrak ini memiliki fungsi mengangkat sisi mobil yang bannya akan diganti. Jadi harus dibawa ya supaya mudah mengganti ban,

            5. Jack Stand

    Alat ini berfungsi sebagai pengaman sisi mobil yang tidak didongkrak. Manfaatnya untuk menghindari apabila dongkrak mobil gembos.

    Sebenarnya alat-alat dasar biasanya sudah ada saat membeli mobil baru. Hanya saja seperti jack stand, biasanya Anda harus mempersiapkan sendiri.

    Langkah-langkah Mengganti Ban Kempes pada Mobil

    Setelah membawa alat yang dibutuhkan, segera lakukan step ganti ban mobil berikut ini ya:

            1. Beri Tanda Peringatan Lalu Tepikan Mobil

    Jika merasakan ada sesuatu yang tidak beres, segera tepikan mobil Anda. Tentu sebelumnya harus menyalakan dulu tanda peringatan, supaya kendaraan di belakang Anda tidak kaget.

            2. Ambil Kotak Alat Ganti Ban

    Pastikan selalu membawa alat untuk ganti ban mobil. Kemudian ambil dan siapkan seluruh peralatan. Seperti dongkrak, jack stand, kunci roda, kunci ring hingga ban serep.

            3. Kendurkan Baut

    Setelah itu, mulai kendurkan baut menggunakan kunci roda dengan arah berlawanan jarum jam. Lakukan perlahan-lahan saja, jangan terburu-buru.