Berita

    10 Teknologi Terbaru Mesin Mobil: Meningkatkan Efisiensi dan Kinerja

    Berbagai perkembangan dalam dunia otomotif terus bermunculan, termasuk teknologi mesin mobil terbaru. Saat ini, sudah banyak mobil yang menerapkan teknologi serba canggih, sehingga dapat memudahkan penggunanya.

    Jika Anda sedang berniat membeli mobil baru, maka informasi ini tentu saja tidak boleh dilewatkan. Baca hingga tuntas dan temukan berbagai teknologi terbaru untuk mesin mobil!

    Teknologi Mesin Mobil Terbaru

    Berikut adalah 10 teknologi terbaru dari mesin mobil dan berbagai komponennya yang sebaiknya Anda ketahui.

    • Teknologi Hybrid

    Teknologi hybrid merupakan penggabungan dari dua jenis sistem penggerak. Mobil konvensional akan digabungkan dengan teknologi listrik, sehingga dapat mengisi ulang baterai penggeraknya.

    • Pre-collision

    Kedua, ada teknologi pre-collision yang berguna untuk mencegah dampak jika tabrakan.

    Teknologi ini dapat mendeteksi apabila tabrakan sudah tidak bisa dihindari, jika didasarkan dengan kecepatan, sudut kemudi, dan sensor lainnya. Selanjutnya, maka berbagai sistem pengaman akan terpasang otomatis.

    • Connected Cars

    Teknologi mesin mobil berikutnya yaitu connected cars yang sangat terkait dengan koneksi internet. Sesuai namanya, inilah sistem yang dapat membuat mobil dapat melakukan komunikasi dua arah dengan teknologi yang berada di luar mobil.

    iStock
    • Autonomous Drive

    Banyak orang yang mungkin sudah familier dengan teknologi yang satu ini, yaitu sistem yang dapat menggerakkan mobil tanpa perlu kemudi dari manusia. berbagai sensor dan algoritma diterapkan untuk mendukung teknologi kemudi otomatis.

    Algoritma yang diterapkan, dapat membuat mobil mengetahui kemana akan melaju, hambatan apa yang ada, kecepatan yang diperlukan, dan sebagainya.

    • Self Leveling Suspension

    Teknologi berikutnya yaitu self leveling suspension, yang sebenarnya tidak terlalu baru namun masih dipertahankan hingga kini.

    Teknologi ini memungkinkan mobil untuk tetap berada dalam postur yang stabil meski sedang diisi oleh beban. Dengan begitu, kemudi mobil pun dapat menjadi lebih mudah dan lebih stabil.

    • Automatic Safety Braking System