Berita

    Tips Aman Mengemudi dan Menghindari Kecelakaan

    Keamanan dan keselamatan wajib menjadi perhatian bagi semua pengendara, termasuk ketika Anda mengendarai mobil. Ada berbagai langkah dan cara aman mengemudi yang bisa Anda lakukan, termasuk tips menghindari kecelakaan.

    Banyaknya kecelakaan lalu lintas sudah selayaknya membuat Anda semakin waspada. Maka dari itu, simak penjelasan dalam artikel ini dan temukan berbagai tips aman berkendara!

    Tips Menghindari Kecelakaan dengan Cara Aman Berkendara

    Demi menjaga keamanan berkendara, berikut adalah cara dan tips yang sebaiknya Anda lakukan sebelum dan ketika berkendara:

    • Sebelum Berkendara, Cek Kondisi Mobil

    Untuk menghindari berbagai kerusakan komponen atau hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara, ada baiknya Anda selalu mengecek kondisi mobil sebelum memulai perjalanan.

    Pastikan bahwa ban mobil tidak kekurangan tekanan angin, rem dan seluruh lampu dapat berfungsi dengan optimal, serta radiator dalam kondisi baik.

    Pastikan juga berbagai komponen lain yang sering digunakan ketika berkendara, misalnya wiper.

    Sebaiknya, jangan malas untuk melakukan pemeriksaan ini, karena jika ada kerusakan dapat berdampak terhadap keselamatan berkendara nantinya.

    • Carilah Posisi Nyaman untuk Duduk

    Tips kedua, sebelum mulai mengemudi, sebaiknya Anda mencari dan menempatkan diri di posisi duduk yang nyaman.

    Dengan posisi yang tepat, maka Anda akan lebih mudah mengatur kemudi mobil. Misalnya, ketika akan melakukan manuver untuk berbelok atau berpindah jalur.

    Supaya aman, pastikan bahwa posisi duduk telah mendukung supaya siku dapat berada di sudut yang tepat untuk mengemudi.

    • Atur Kaca Spion

    Selanjutnya, atur juga kaca spion supaya dapat mempermudah Anda untuk melihat kondisi di sekitar. Baik spion samping maupun yang berada di depan, perlu diatur sebelum Anda mulai berkendara.

    • Jangan Lupa Pakai Sabuk Pengaman

    Untuk tetap menjaga keamanan serta mematuhi peraturan tentang keselamatan mengemudi, maka jangan lupa untuk memakai sabuk pengaman dengan benar.

     

    cek sabuk pegamana

    Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi benturan atau tabrakan, maka sabuk pengaman ini dapat meminimalisir risiko untuk pengemudi dan penumpang.

    • Patuhi Seluruh Rambu Lalu Lintas

    Selanjutnya, tips menghindari kecelakaan ketika sudah mulai mengemudi, pastikan juga Anda memperhatikan dan mematuhi seluruh rambu lalu lintas yang ada.

    Misalnya, lampu lalu lintas, batas kecepatan, larangan-larangan tertentu, dan sebagainya.

    Dengan mematuhi seluruh rambu yang ada, maka Anda bisa lebih optimal dalam menjaga keselamatan bersama.

    • Jangan Mengantuk ketika Menyetir

    Tips menghindari kecelakaan berikutnya yaitu jangan mengantuk ketika sedang menyetir.

    Banyak kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh pengendara mengantuk, sehingga kemudinya pun menjadi tidak stabil dan membahayakan keselamatan.

    Maka dari itu, jika stamina Anda sedang kurang baik atau merasakan kantuk, ada baiknya untuk tidak menyetir terlebih dahulu.

    Lalu, jika mengantuk di tengah berkendara, maka sebaiknya Anda berhenti dan beristirahat. Ketika sudah tidak mengantuk, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih aman.

    • Pastikan untuk Tetap Fokus ketika Menyetir

    Fokus ketika menyetir merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan, demi menjaga keamanan berkendara.

    Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas lain ketika sedang menyetir, misalnya memainkan handphone, minum, makan, dan sebagainya. Kegiatan tersebut bisa saja mengurangi fokus berkendara.

    • Jangan Mengebut atau Berkendara secara Ugal-Ugalan

    Pastikan juga Anda menjaga tingkat kecepatan berkendara, jangan terlalu kencang apalagi sampai melebihi batas kecepatan.

    Selain itu, mengemudilah dengan tenang dan jangan ugal-ugalan. Tetap ingat bahwa bukan hanya Anda yang menjadi pengguna jalan, sehingga kenyamanan dan keamanan bersama perlu menjadi prioritas.

    Berbagai tips di atas penting untuk menjadi perhatian bagi Anda, karena sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan keamanan berkendara. Tentunya, tidak ada pengendara yang ingin mengalami masalah atau kecelakaan lalu lintas, sehingga cara aman pun perlu dilakukan.