Berita

    Wajib Tahu! Hal-Hal Penting ketika Belajar Mengemudi

    Ketika pertama kali belajar mengemudi, bisa jadi seseorang merasa takut atau gugup. Itu merupakan hal yang wajar, namun perlu diatasi dengan berbagai persiapan yang matang sehingga latihan mengemudi bisa berjalan dengan baik.

    Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika mulai belajar, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan aspek keamanan. Tentunya, keamanan diri sendiri dan orang lain di sekitar menjadi aspek utama yang perlu diperhatikan.

    Hal-Hal Penting yang Perlu Dilakukan Ketika Belajar Mengemudi

    Berbagai hal penting tidak boleh diabaikan agar mengemudi tetap aman. Jadi, sebaiknya Anda pahami poin-poin berikut:

    • Cari Pendamping untuk Latihan

    Hal penting yang sebaiknya Anda lakukan ketika latihan mengemudi yaitu mencari pendamping. Jika Anda melakukan latihan sendiri, maka ada berbagai risiko yang bisa terjadi dan bisa berbahaya untuk keselamatan banyak orang di sekitar.

    Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah latihan dengan pendamping yang lebih paham dan berpengalaman untuk mengemudi.

    • Pahami Semua Fitur

    Sebelum memulai latihan, Anda perlu memahami berbagai fitur yang ada di dalam mobil. Anda perlu mengetahui berbagai fitur yang ada pada bagian dashboard, seperti kemudi, klakson, tombol lampu sein, dan tuas persneling.

    Penting untuk mengetahui fungsi dari setiap fitur yang ada, termasuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memakainya.

    Selanjutnya, pahami juga lokasi dan fungsi dari pedal yang ada di mobil, yaitu pedal kopling, pedal rem, dan pedal gas. Anda bisa melakukan simulasi terlebih dahulu saat kondisi mesin mati, supaya mulai terbiasa menggunakan pedal tersebut.

    • Atur Kursi dengan Nyaman

    Kursi kemudi merupakan hal perlu diatur sebaik mungkin supaya nyaman ketika sedang berkendara. Aturlah supaya kursi tegak dan nyaman untuk memandang ke arah depan.

    Jangan lupa untuk memastikan posisi kakinya cukup untuk nantinya menginjak pedal yang ada di bawah. Aturlah ketinggian kursi sesuai dengan kebutuhan dari pengemudi.

    Duduklah dengan nyaman dan jangan tegang, dengan begitu maka belajar mengemudi akan menjadi lebih fokus.

    • Atur Posisi Spion

    Selanjutnya, kaca spion juga perlu diatur dengan ideal. Hal ini berguna supaya pengemudi bisa melihat berbagai kondisi di sekitar dengan optimal.

    Istock
    • Pilih Tempat Aman untuk Latihan