Berita

    Cara Mengatur Suhu Mobil Agar Nyaman

    AC mobil adalah komponen yang berfungsi untuk membantu adanya sirkulasi udara serta menjaga suhu mobil supaya tetap stabil. Dengan pengaturan sirkulasi dan suhu yang baik, maka perjalanan Anda akan menjadi lebih nyaman.

    Supaya suhu dapat diatur dengan baik, maka terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Berbagai hal juga perlu diperhatikan terkait kinerja dari AC mobil.

    Cara Mengatur Suhu Mobil

    Untuk menjaga kestabilan dari suhu di dalam mobil, maka berikut adalah cara yang sebaiknya Anda lakukan dengan benar.

    • Hindari Mengatur Suhu yang Terlalu Dingin

    Meski terasa nyaman untuk sebagian orang, namun sebaiknya Anda tidak mengatur suhu yang terlalu dingin. Hal ini perlu lebih diperhatikan ketika melakukan perjalana malam dengan suhu udara luar yang lebih dingin dibanding siang hari.

    Suhu yang terlalu dingin tidak baik bagi kesehatan Anda, sebab dapat membuat pembuluh darah jadi menyempit.

    Jika sudah begitu, maka bisa jadi asupan oksigen mulai berkurang, termasuk untuk yang dialirkan ke bagian otak. Kondisi tersebut dapat membuat Anda mudah lelah dan mengantuk.

    Jika Anda mengendarai mobil, terlebih jika sendirian, maka hal tersebut bisa berisiko dalam aspek keselamatan. Oleh sebab itu, biasakan untuk tidak mengatur suhu mobil yang terlalu dingin.

    • Sebaiknya Tidak Mematikan AC

    Meski suhu udara di luar mobil sudah dingin, namun sebaiknya Anda tidak mematikan AC mobil. Jika mematikan AC, maka bisa saja pengemudi mengalami kegerahan, meski tidak terlalu terasa.

    iStock - ljubaphoto

    Selain itu, AC perlu tetap hidup untuk menjaga sirkulasi udara di dalam mobil. Dengan begitu, pengemudi dan penumpang dapat tetap menghirup udara yang baik. Hal ini menjadi baik untuk kesehatan Anda dan penumpang lainnya.

    Masih banyak juga mematikan AC supaya bisa menghemat bahan bakar yang diperlukan. Padahal, dampak dari terlalu lama mematikan AC yaitu dapat membuat performanya jadi menurun.

    • Jangan Membuka Jendela Ketika Menyalakan AC

    Penting untuk Anda perhatikan bahwa jangan membuka jendela ketika AC sedang menyala. Kinerja AC bisa menurun jika Anda melakukan hal ini.

    Jendela yang terbuka berpotensi untuk memaksanya AC bekerja dengan lebih keras. Selain itu, berbagai debu juga bisa masuk ke bagian filter AC.