Berita

    Featured Image

    Part Mobil Rusak yang bisa Menyebabkan Mobil Boros

    Masalah mobil boros sering sekali dikeluhkan para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. Kendaraan boros bensin biasanya terjadi pada mobil bekas karena ada beberapa komponen yang rusak/tidak berfungsi optimal.

    Beberapa contohnya karena kerusakan pada bagian filter udara, busi, dan injektor bahan bakar yang membuat proses pembakaran tidak berjalan sempurna. Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja penyebab kendaraan boros bensin selengkapnya. 

    Kerusakan yang Menyebabkan Mobil Boros BBM 

    Mobil yang jarang mendapat perawatan biasanya lebih rentan mengalami masalah ini, itu sebabnya Anda harus rutin melakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi terdekat. Berikut beberapa masalah/kerusakan yang memicu mobil lebih boros dari sebelumnya. 

    • Kerusakan pada Sistem Pendingin

    Suhu mesin mobil akan meningkat drastis jika sistem pendingin mengalami kerusakan. Ketika hal tersebut terjadi, tentu akan membuat proses pembakaran tidak berjalan optimal dan membuat konsumsi bahan bakar semakin tinggi. 

    Disarankan mengecek ketersediaan cairan pendingin secara rutin untuk menghindari masalah tersebut. 

    • Ban Mobil Bermasalah

    Konsumsi bahan bakar meningkat juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada ban mobil. Berikut beberapa masalah ban yang membuat mobil menjadi lebih boros dari biasanya:

    1. Ukuran ban tidak sesuai standar yang ditentukan produsen;

    2. Tekanan udara di dalam ban terlalu rendah atau kempes;

    3. Permukaan ban sudah gundul;

    4. Jarang melakukan spooring pada roda mobil.

    • Knalpot Mobil Bocor

    Sebagian orang terkadang jarang memperhatikan bagian knalpot karena letaknya yang ada di bagian bawah. Padahal, komponen ini juga perlu mendapat perhatian khusus agar kondisinya terjaga dengan baik.

    Knalpot yang mengalami kebocoran dapat menjadi sumber penyebab mobil boros bensin. Pembuangan gas dari proses pembakaran di mesin akan disalurkan ke knalpot. Ketika terjadi kebocoran, tentu mobil akan memakan lebih banyak bensin. 

    • Rem Macet

    Meningkatnya konsumsi bahan bakar juga bisa disebabkan karena masalah pada bagian rem. Rem macet biasanya timbul karena adanya korosi, sehingga membuat piston di bagian kaliper tidak berfungsi sempurna.

    Selanjutnya, rem tidak mampu kembali pada posisi semula saat diinjak. Hal tersebut menyebabkan kampas rem mengalami pergesekan dengan cakram/tromol dan menyebabkan putaran roda mobil tidak lancar. 

    • Filter Bensin 

    Masalah filter bensin kotor sering ditemui di banyak mobil karena pemiliknya jarang menggantinya dengan yang baru. Umumnya, filter bensin harus diganti setiap mobil menempuh jarak 30.000-40.000 kilometer. 

    Jika filter bensin diganti secara rutin, maka bensin yang dialirkan ke ruang pembakaran pasti bebas dari kotoran. 

    Apabila filter bensin jarang diganti, tentu aliran bensin akan disertai kotoran yang membuat proses pembakaran tidak bekerja dengan baik dan membuat konsumsi bensin meningkat. 

    • Filter Udara

    Filter udara kotor juga menjadi salah satu pemicu meningkatnya asupan bahan bakar di ruang pembakaran. Anda tidak perlu menggantinya jika belum benar-benar rusak, cara merawatnya cukup dengan dibersihkan secara rutin. 

    Filter bensin yang tidak dirawat dengan baik akan membuat kotoran masuk ke dalam mesin dan membuat pasokan udara bersih berkurang. Hal tersebut membuat tenaga yang dihasilkan mesin menjadi tidak maksimal dan memberatkan kerja piston.  

    Jika tidak ingin kendaraan boros bahan bakar, sebaiknya lakukan servis secara rutin di bengkel resmi Suzuki agar kendaraan kesayangan Anda tidak mengalami masalah-masalah tadi.