Berita

    Featured Image

    Gigi Persneling Lengket dan Keras? Ini Solusinya

    Persneling keras dan sulit digerakkan tentu pernah dialami setiap pengemudi mobil. Masalah persneling mobil manual seperti ini pasti mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Terlebih jika Anda berkendara dalam keadaan macet, situasi seperti ini pasti membuat panik.

    Maka dari itu, Anda wajib mengetahui penyebab dan cara mengatasi permasalahan persneling sulit digerakkan dan keras. Tujuannya agar Anda dapat mencegah dan dengan cepat mengatasi apabila hal ini terjadi pada Anda. Ikuti pembahasannya pada informasi berikut!

    Penyebab Persneling Mobil Keras

    persneling mobil yang tidak bergerak alias keras untuk digerakkan disebabkan oleh berbagai macam hal. Pertama, adanya masalah pada sistem transmisi mobil Anda, seperti masalah keausan pada komponen gigi mobil, poros transmisi atau bantalan.

    Penyebab perseneling keras yang kedua yaitu oli transmisi yang berkurang atau kotor. Kondisi kurangnya oli pada komponen transmisi tentu membuat persneling tidak licin dan menjadi keras ketika dipindahkan. Ketiga, kabel tuas persneling yang kendur.

    Penyebab terakhir adalah kabel kopling yang aus atau kendur. Jika Anda ingin persneling mobil bekerja optimal, Anda wajib mengetahui cara mengatasi penyebab-penyebab di atas. Simak caranya berikut ini!

    5 Solusi Jitu Gigi Persneling Keras

    Solusi Jitu Gigi Persneling Keras

    Mengatasi kondisi persneling mobil yang keras dapat Anda lakukan secara mandiri atau dengan bantuan mekanik bengkel. Maka dari itu, berikut ini solusi mengatasi persneling mobil yang mengalami macet atau keras:

    • Ganti Oli Transmisi Berkala

    Solusi pertama untuk mengatasi persneling mobil yang keras adalah dengan mengganti oli transmisi. Seperti yang disebutkan diatas bahwa penyebab persneling yang keras adalah oli transmisi yang kotor atau berkurang.

    Anda dapat rutin melakukan penggantian oli gardan mobil setiap 10.000 – 20.000 km sekali. Bermanfaat untuk mengatasi permasalahan persneling mobil, rutin mengganti oli juga dapat merawat mesin mobil Anda agar lebih optimal.

    • Cek Kampas Kopling

    Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengecekan kampas kopling sebagai solusi ketika persneling mobil Anda mulai keras saat digerakkan.

    Jika dilakukan pengecekan kampas kopling dan Anda menemukan bahwa kampas sudah aus, maka segera ganti dengan kampas yang baru.

    Hal ini karena apabila kopling berada pada kondisi kampas aus, maka kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara dapat terganggu. Akan muncul getaran yang tidak nyaman pada mobil jika kampas kopling mobil Anda sudah aus.

    • Atur Gigi Mobil dengan Pas

    Solusi yang satu ini merupakan cara agar dapat mencegah persneling keras pada mobil Anda. Mengatur gigi dengan pas ketika Anda berkendara dapat mencegah terjadinya stuck pada komponen persneling mobil.

    Mengganti gigi dengan tepat dan perlahan dapat mencegah persneling mudah bermasalah. Selain itu, Anda juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada transmisi gigi mobil.

    Selalu berhati-hati ketika mengganti gigi dapat menjaga kondisi persneling mobil Anda agar tetap optimal.

    • Rawat Transmisi Mobil

    Selalu  merawat mobil Anda dengan menjaga komponen-komponen mobil agar tidak mudah rusak menjadi salah satu solusi agar persneling tidak keras. Komponen transmisi mobil terdiri dari gigi, bantalan transmisi dan poros transmisi.

    Rawatlah mobil Anda dengan baik agar setiap komponen transmisi tersebut dapat selalu bekerja optimal. Misal, Anda dapat rutin membawa mobil untuk servis di bengkel resmi. 

    Selain itu, Anda juga dapat menjaga suhu transmisi dengan hindari mengemudi terus-menerus di jalan yang curam.

    • Ganti Persneling yang Sudah Aus

    Solusi terakhir adalah mengganti persneling yang sudah aus dengan mendatangi bengkel resmi. Jika kondisi persneling sudah aus, maka tidak ada yang dapat Anda lakukan selain mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

    Untuk mengganti persneling yang sudah aus, pilihlah komponen persneling yang berkualitas. Hal ini dapat berdampak pada kinerja persneling mobil Anda. Maka dari itu, pastikan komponen persneling Anda didapat dari bengkel resmi.