Berita

    Ini Jenis-jenis Antena Mobil, Lebih Suka yang Mana

    Antena mobil mungkin bukanlah komponen yang menjadi perhatian utama dari pemilik kendaraan, namun perannya tetaplah penting.

    Pasalnya dengan antena mobil yang baik maka pengendara bisa menikmati hiburan di mobil dengan lebih optimal. Tanpa antena mobil, radio dan televisi mobil tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik.

    Jenis antena mobil pun terbilang cukup banyak pilihannya dan umumnya sudah menjadi aksesoris standard dari mobil. Meski demikian, bukan berarti antena tidak bisa dibeli di toko aksesoris. Dan berikut adalah beberapa jenis antena mobil yang bisa dipilih.

    • Antena Besi

    Antena besi atau antena tarik merupakan jenis yang paling umum digunakan pada mobil. Antena jenis ini boleh dikatakan sulit-sulit gampang untuk mengaturnya. Pasalnya bila terlalu pendek maka sinyal yang diterima tidak maksimal. Sementara bila antena terlalu panjang bisa membuatnya tersangkut.

    Boleh dikatakan bahwa antena jenis ini sudah kuno sehingga belum tersambung dengan teknologi canggih. Meski demikian, antena jenis ini sudah cukup untuk sekedar menangkap sinyal dan dapat mengeluarkan suara dalam bentuk radio.

    • Antena Fixed

    Antena jenis ini biasanya diletakkan pada bagian belakang mobil. antena jenis ini telah memiliki pengaturan otomatis berhubungan dengan tinggi dan rendahnya. Tidak perlu khawatir akan tersangkut atau terbentur benda lainnya, karena antena ini memiliki ukuran yang sedang sehingga aman.

    • Shark Fin Antenna

    Shark Fin Antenna atau antena sirip hiu adalah penangkap sinyal terbaik untuk mobil. Sesuai dengan namanya, antena ini menyerupai bentuk sirip hiu yang berukuran 16 mm dan disesuaikan dengan tingkat lengkungan atap mobil. Selain desainnya yang menarik, daya tangkap sinyal antena ini terbilang baik sehingga akan memudahkan pemilik kendaraan untuk menikmati hiburan di dalam mobil.

    • Antena Printed Glass

    Antena printed glass merupakan salah satu antena dengan teknologi terbaru. Secara umum, antena ini memiliki fungsi yang sama dengan antena lain, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok. Salah satunya adalah letaknya yang berada kaca bagian samping belakang dalam dan membentuk garis sama persis dengan defogger.

    Antena ini memiliki keunggulan lain yaitu biaya perawatan yang rendah dengan treatment perawatan sederhana. Tidak perlu dirawat secara khusus, antena ini hanya perlu diganti kaca filmnya. Namun jika terdapat salah satu elemen yang rusak atau terputus, maka perbaikan yang dilakukan cukup sulit.