Berita

    Ketahui Jenis dan Fungsi Fuel Pump

    Pada sebuah kendaraan, terdapat fuel pump atau pompa bensin sebagai salah satu komponennya, baik motor dan mobil. Komponen ini merupakan salah satu bagian mobil yang juga bersifat krusial. Apabila ia rusak, maka mobil tidak akan bisa dinyalakan dan dikendarai. 

    Seperti namanya, komponen ini pastinya memiliki fungsi untuk memompa bensin di dalam tangki yang kemudian dialirkan ke dalam tempat pembakaran yang kemudian disalurkan menuju tempat komponen lainnya hingga mobil akhirnya dapat dinyalakan dan digunakan.

    Akan tetapi, terdapat perbedaan fungsi dari pompa bahan bakar bila menyesuaikan jenis kendaraan bermobil yang digunakan.

    Fungsi Fuel Pump Berdasarkan Jenis Kendaraan Mobil

    Pada masa sekarang, kendaraan mobil memiliki jenis lebih dari satu. Hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi yang semakin mumpuni untuk menjawab permasalahan yang ada di masa lalu. 

    Jenis kendaraan mobil dulunya hanyalah mobil karburator. Akan tetapi, sesuai perkembangan zaman itulah telah terdapat mobil berjenis injeksi. Secara umum, perbedaan mobil injeksi dan karburator terletak pada keiritannya. Jenis mobil injeksi dikatakan lebih irit bensin dibandingkan mobil karburator.

    Berdasarkan jenis kendaraan mobil ini ternyata fungsi pompa bahan bakarnya pun berbeda. Berikut ini adalah fungsi komponen tersebut berdasarkan jenis kendaraannya.

    • Jenis Karburator

    Berdasarkan jenis kendaraannya, fungsi komponen ini sama, yaitu memompa dan mengalirkan bensin dari dalam tangki menuju komponen lanjutan. Namun, secara lokasi yang dituju untuk proses selanjutnya, komponen yang dituju adalah karburator. 

    Lalu, melalui karburator inilah proses pengabutan hingga pembakaran energi juga berlanjut.

    • Jenis Injeksi

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi fuel adalah sama hanya lokasi komponen yang dituju saja yang berbeda. Pada mobil injeksi, komponen yang dituju oleh bensin yang telah dipompa dan dialirkan oleh pompa bensin adalah injektor.

    Setelah masuk ke dalam injektor, maka ia akan melakukan pembakaran dengan cara yang lebih irit. Dengan begitu, bensin tidak boros seperti pada mobil dengan karburator. 

    Tidak hanya memiliki jenis secara fungsinya, pompa bahan bakar juga memiliki jenis secara cara kerjanya. Hal ini juga disebabkan oleh pengaruh perkembangan teknologi yang semakin maju dari masa ke masa.

    Jenis Fuel Pump Sesuai Dengan Cara Kerjanya