Berita

    Simak Step Mengecek Oli Mobil Yang Tepat

    Banyak yang masih belum memahami jika oli mobil itu sangat penting untuk mencegah kerusakan mesin. Maka dari itu, harus sering diperhatikan keberadaannya. Apakah selama ini volumenya sesuai, atau bahkan kurang?

    Keberadaan oli pada mobil ini bisa Anda cek dengan beberapa langkah. Seperti dengan menggunakan alat bernama Dipstick.

    Cara Menggunakan Dipstick untuk Cek Oli Mobil 

    Dipstick adalah sebuah alat yang terbuat dari besi pipih, untuk memeriksa oli pada mobil. Alat ini biasanya sudah tersedia di mobil. Namun jika tidak ada, Anda juga bisa membeli sendiri.

    Fungsi dari dipstick ini ada dua. Yaitu untuk memeriksa volume oli pada mobil, juga kualitas oli itu sendiri. Selain mobil, alat ini juga bisa digunakan untuk memeriksa oli pada motor. Sehingga Anda bisa melakukan pengecekan oli secara mandiri.

    Step Mengecek Oli pada Mobil

    Ada beberapa langkah untuk mengecek oli mobil yang bisa Anda ikuti. Yakni:

            1. Letakkan Mobil pada Permukaan Datar

    Step pertama, Anda harus memarkirkan kendaraan pada jalan atau tempat dengan permukaan rata. Hal ini dilakukan supaya saat membaca hasil dari dipstick, diperoleh hasil yang akurat.

    Seba, apabila mobil diparkir pada jalan yang miring, atau bergelombang, maka pengukuran bisa tidak sesuai. Sehingga Anda bisa salah mengetahui kondisi oli pada mobil Anda.

            2. Matikan Mesin

    Setelah itu, Anda harus mematikan mesin mobil sebelum di cek olinya. Kemudian pastikan mesin dalam keadaan hangat atau dingin. Nah, kondisi ini harus disesuaikan pada masing-masing mobil. Anda bisa mengetahuinya di buku panduan mobil masing-masing.

    Sebab dalam beberapa kondisi, oli lebih baik diperiksa saat keadaan mesin dingin. Namun di mobil lain, disarankan untuk melakukan pemeriksaan saat mesin sedang hangat supaya hasil akurat.

    Tentu yang tidak boleh dilakukan adalah memeriksa saat mesin sedang panas. Risiko yang didapat bisa saja tangan terbakar karena terkena mesin yang panas.

            3. Buka Kap Mobil dan Bersihkan Dipstick

    Step mengecek oli mobil berikutnya yakni buka kap. Kemudian tarik dipstick yang ada pada bagian atas mesin. Sebelumnya, Anda harus membersihkan dipstick dengan lap.

            4. Masukkan Dipstick

    Memasukkan stik pada tangki oli, lalu tarik lagi keluar. Pastikan ujungnya berada posisi atas ya. Sebab di sana ada tanda F yang berarti Full, dan E yang berarti Empty.