Berita

    Ketahui Poros Engkol & Fungsinya.

    Poros engkol adalah  salah satu bagian komponen yang penting untuk meningkatkan kinerja kendaraan roda empat. Fungsi poros engkol sendiri sebagai sparepart utama dalam pembakaran mesin mobil. 

    Seperti halnya namanya, komponen ini sebagai pusat poros pergerakan mesin. Fungsinya untuk mengubah gerakan piston yang awalnya naik dan turun menjadi memutar. Kemudian gerakan ini diteruskan ke flywheel. Dan flywheel inilah yang mendorong agar mobil bisa bergerak maju atau mundur. 

    Sparepart ini terbuat baja yang kuat yang bertujuan untuk menopang gesekan piston. Letak komponen ini tepat di sebelah oil pan. 

    Dan di dalam poros engkol ini terdapat bagian-bagian komponen yang lainnya yang berfungsi untuk mendukung kinerja poros engkol. Kira-kira apa saja fungsinya? Berikut ulasannya:

    Bagian-bagian Poros Engkol Beserta Fungsinya

    Inilah bagian-bagian poros engkol beserta fungsinya masing-masing.

    • Lubang Oli

    Fungsi poros engkol pada bagian lubang oli ini sebagai tempat untuk mengalirkan oli atau pelumas ke bagian pusat engkol. Selain menyalurkan ke bagian pusat, oli juga dialirkan ke bagian lain dari poros engkol. 

    Lubang oli terletak di tengah crank pin dan crank journal. Dan terdapat beberapa lubang oli dalam poros engkol. Permasalahan yang sering terjadi di bagian lubang oli adalah sering tanpa sengaja tertutup. 

    Untuk menghindari hal ini, sebaiknya periksa kondisi lubang oli dan berhati-hatilah saat memasang bearing, sebab komponen ini sering menutup lubang oli.

    • Crank Pin

    Bagian ini langsung tersambung dengan piston. agar bagian ini bisa berfungsi dengan normal. Pastikan Anda memasang con rod bearing yang bermanfaat untuk menghindari kerusakan pada crank pink. 

    Selain itu, pada bagian komponen ini juga terdapat lubang oli yang berfungsi sebagai pelumas antara piston dengan crank pin.

    • Counter Weight

    Dan tak kalah penting, bagian ini memiliki fungsi sebagai penyeimbang perputaran poros engkol. Pada counterweight ini juga terdapat lubang yang berfungsi untuk mengatur beratnya.

    Dengan adanya counterweight bisa dipastikan perputaran poros engkol bisa sangat stabil. Sehingga mobil dapat dengan mudah dikendalikan. 

    • Crank Arm

    Lengan engkol ini berfungsi untuk menyambungkan crank pin dan juga crank journal. Dengan adanya komponen ini fungsi poros engkol dapat berjalan dengan lancar.