Berita

    Manfaat Mengemudi Dengan Tertib bagi Pengalaman Berkendara

    Mengemudi dengan tertib merupakan kewajiban utama para pengguna jalan namun sayangnya banyak pengendara sering melanggar tata tertib. Kebiasaan buruk tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kemacetan bahwa hingga kecelakaan.

    Pengalaman buruk selama berkendara akan terminimalisir jika setiap orang mau berkendara secara tertib. Berikut beberapa manfaat mengemudi secara tertib yang harus dipahami setiap pengguna jalan!

    6 Manfaat Membiasakan Diri Mengemudi dengan Tertib

    Ketertiban dalam berkendara harus dijunjung tinggi sebagai bentuk saling menghormati antar pengguna jalan. Berkendara secara tertib membawa banyak dampak positif beberapa di antaranya dijelaskan pada pembahasan berikut:

    • Menciptakan Suasana Lalu Lintas yang Tertata

    Kewajiban berkendara secara tertib bertujuan untuk menciptakan suasana lalu lintas yang teratur dan tertata. Salah satunya merealisasikannya dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang sudah dipasang di setiap area jalan. 

    Contohnya ketika berkendara di persimpangan jalan raya, maka para pengguna jalan harus tertib mengikuti lampu lalu lintas yang sedang menyala. 

    Lampu berwarna hijau mengisyaratkan untuk melaju, warna kuning dihimbau untuk waspada, warna merah mengharuskan pengendara untuk berhenti.  

    • Mencegah Kecelakaan

    Mengemudi dengan tertib juga bertujuan untuk menghindari insiden buruk, seperti kecelakaan. Dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas para pengendara akan terhindar dari kecelakaan. 

    Contohnya saat mengemudi di wilayah pegunungan maka akan dipasang rambu-rambu bergambar jalan berkelok-kelok. 

    Melalui rambu-rambu tersebut pengendara dapat lebih waspada saat melewati jalan tersebut, sehingga dapat terhindar dari insiden tabrakan. 

    • Tidak Membahayakan Pengendara Lain 

    Setiap pengguna jalan pasti ingin sampai tujuan dengan selamat dan tidak ingin mengalami hal buruk selama di perjalanan. 

    Untuk menciptakan tujuan tersebut masing-masing pengendara harus saling menghormati dengan mematuhi tata tertib lalu lintas.

    Dengan mematuhi tata tertib lalu lintas Anda tidak hanya menjaga keselamatan pribadi tapi juga keselamatan pengendara lain. 

    Jika masing-masing pengguna jalan sadar akan pentingnya mengemudi dengan tertib, maka kasus kecelakaan pasti akan berkurang drastis.

    • Terhindar dari Jeratan Hukum 

    Setiap pengguna jalan yang melanggar tata tertib lalu lintas pasti akan mendapat hukuman sesuai peraturan yang berlaku. Misalnya saat melanggar rambu-rambu lalu lintas maka akan terkena sanksi tilang atau denda. 

    Contoh selanjutnya, ketika menerobos lampu merah kemungkinan menabrak kendaraan lain akan lebih tinggi. Saat menabrak kendaraan lain Anda akan mendapat sanksi dan harus membayar ganti rugi atas kerusakan yang dialami korban. 

    • Aman Sampai Tujuan

    Manfaat paling utama berkendara secara tertib yaitu untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman. Jika hal tersebut tercipta maka kemudian selamat sampai tujuan akan lebih besar, dan tentunya di hari-hari kerja Anda bisa kembali bersama keluarga.

    pulang dan sampai ditujuan dengan selamatFreepik.com

    Pengguna jalan yang suka melanggar tata tertib lalu lintas biasanya lebih rawan mendapat surat tilang, mengalami insiden kecelakaan, cek-cok dengan pengendara lain, dan masalah lainnya. 

    • Membiasakan Diri Mematuhi Aturan 

    Semua orang pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dengan melakukan berbagai upaya. Salah satu caranya dengan membiasakan diri mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. 

    Dengan membiasakan diri tertib selama berkendara secara tidak langsung akan membangun pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan jika dilakukan secara konsisten akan membawa Anda menjadi seseorang yang taat aturan di berbagai hal. 

    Itulah manfaat mengemudi dengan tertib yang mungkin belum banyak disadari para pengendara. Selain mematuhi aturan lalu lintas Anda juga perlu memastikan mobil dalam keadaan prima agar selamat sampai tujuan.

    Sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya memeriksakan kondisi mobil ke bengkel resmi Suzuki. Supaya permasalahan-permasalahan mobil Anda bisa dideteksi dan ditangani oleh teknisi profesional dengan cara yang tepat.