Berita

    Ini Penyebab Setir Mobil Goyang dan Cara Memperbaikinya

    Pernahkah Anda mengalami setir mobil goyang? Jika iya, bisa jadi ada masalah pada mobil kesayangan Anda. Tentu saja ini tidak bisa dibiarkan dan harus segera Anda cari penyebabnya.

    Setir pada mobil goyang yang tidak segera Anda atasi akan membahayakan keamanan saat berkendara. Apalagi jika Anda suka bepergian dengan mengendarai mobil. Maka keselamatan sangatlah penting.

    6 Faktor Setir Mobil Goyang

    Seluruh komponen pada mobil harus Anda periksa fungsinya sebelum berkendara. Salah satunya kondisi setir mobil yang tiba-tiba saja goyang.

    Setir mobil yang goyang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Di bawah ini adalah beberapa penyebab umum dari goyangan pada setir mobil:

    1. Ban Tidak Seimbang

    Kondisi ban mobil memang harus prima. Ban yang tidak seimbang bisa menyebabkan getaran pada setir. Ini mungkin terjadi karena ban yang tidak terpasang dengan benar atau bisa jadi menggelembung.

    ban tidak seimbangUnsplash

    Maka dari itu, apabila ban mobil sudah tak layak pakai, sebaiknya segera diganti. Supaya tidak membahayakan berkendara seperti setir jadi goyang atau bahkan pengereman juga tidak maksimal.

    2. Velg Bermasalah

    Velg yang bengkok atau rusak dapat menyebabkan getaran pada setir. Biasanya penyebab velg mengalami masalah karena seringnya Anda berkendara di jalanan rusak. Makanya velg jadi sering terbentur.

    Apabila penyebabnya dari velg, maka Anda wajib menggantinya. Pastikan kerusakannya terlebih dahulu sebelum memperbaiki ya!

    3. Masalah pada Sistem Suspensi

    Mobil memiliki suspensi yang berfungsi untuk meredam adanya getaran atau guncangan saat Anda sedang berkendara. Untuk itu, harus dijaga supaya tidak ada masalah pada sistem yang satu ini.

    Apabila setir mobil goyang, maka bisa jadi suspensi mengalami kendala atau masalah. Bisa saja rusak dan perlu segera diganti. Supaya mobil bisa kembali berjalan dengan seimbang.