Berita

    Tips! Cara Memperbaiki Electric Power Steering

    Electric power steering atau EPS menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi di dunia otomotif yang menguntungkan para pengguna mobil. Beberapa tipe mobil keluaran terbaru diketahui sudah menggunakan teknologi ini. 

    EPS itu sendiri menjadi sebuah fitur yang akan meringankan kerja lingkar kemudi di sebuah mobil. Pengemudi bisa merasa jauh lebih ringan saat mengendalikan mobil dan akan lebih nyaman selama berkendara. 

    Komponen Electric Power Steering

    Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memperbaiki komponen ini, mari kenali dulu apa saja komponennya. Berikut adalah beberapa komponen EPS beserta fungsi yang dijalankan:

    • Modul EPS

    Pertama ada bagian modul sensor yang berfungsi sebagai pengolah data sensor. Lokasinya berada di bagian sudut lingkar kemudi dan akan bekerja mengatur sistem EPS sehingga beroperasi dengan baik. 

    Modul EPS menjadi salah satu komponen yang jarang sekali rusak atau terganggu. Komponen ini berada di bagian dalam dashboard sehingga cukup aman. 

    • Motor EPS

    Selanjutnya ada motor EPS yang berfungsi mengatur arus listrik untuk memberi tenaga motorik yang akan menggerakkan steering shaft. Kerjanya akan menyesuaikan pembacaan data dari sensor jadi kemudi terasa lebih ringan. 

    • Rack Steer

    Berikutnya ada sensor rack steer yang tugasnya adalah melanjutkan gerakan dari motor EPS pada bagian roda. Komponen satu ini bisa bermasalah jika pinion dan rack tidak bisa bergerak secara sempurna. 

    Biasanya masalah pada bagian ini cukup mudah untuk dideteksi. Pengemudi akan mendengar bunyi retakan jika mobil melaju di jalanan yang permukaannya tidak rata. 

    • Cross Joint Steering Rack

    Ada pula bagian cross joint steering rack yang juga memiliki peran penting. Bagian ini akan menyalurkan putaran dari electric power steering ke rack steering

    Sistem ini akan membuat performa sensor di bagian kemudi jadi lebih optimal. Selain itu kemudi juga jadi lebih mudah untuk dioperasikan. Hanya saja bagian sambungan keduanya harus diperhatikan baik-baik karena mudah rusak. 

    Semua komponen ini akan mendukung fungsi electric power steering agar bisa memberi kemudahan bagi pengemudi. Kemudi jadi terasa jauh lebih ringan dan mudah untuk dikendalikan tanpa effort berlebih. 

    Tips Memperbaiki