Berita

    Wajib Tahu! Tanda Air Radiator Mobil Habis

    Pengetahuan dasar yang perlu dipelajari oleh pengemudi adalah memahami apa saja tanda air radiator mobil habis. Sebab bila dibiarkan, radiator yang kekurangan air akan mengakibatkan suhu mesin mengalami peningkatan atau overheat

    Hal ini bisa berimbas pada rusaknya komponen lain yang berujung pada mesin mobil menjadi mati. Untuk itu, pengecekan air radiator secara berkala wajib untuk dilakukan, terutama ketika berencana melakukan perjalanan jarak jauh. 

    Apabila muncul ciri-ciri yang menunjukkan air radiator berada di bawah batas rendah, segera lakukan pengisian. Apa saja ciri dari mobil yang air radiatornya habis? Berikut informasinya. 

    Begini Cara Mengetahui Tanda Air Radiator Mobil Habis

    Pada dasarnya, setiap mobil yang beredar di pasaran dilengkapi dengan komponen bernama radiator yang berfungsi untuk menjaga temperatur mesin agar tidak mengalami overheat. Bagi yang masih awam, berikut ini beberapa ciri yang menandakan bahwa air radiator habis.

    • Memperhatikan Jarum Indikator Temperatur Mesin 

    Ciri pertama yang mengindikasikan air radiator habis bisa terlihat berdasarkan arah jarum indikator temperatur suhu mesin. Posisinya akan berada di tengah apabila temperatur mesin normal.

    Sedangkan jika menuju ke warna merah, ini artinya sistem pendingin tidak mampu membuat suhu mesin stabil secara sempurna. 

    Untuk itu, luangkan waktu sejenak untuk melakukan pengecekan sebelum memulai perjalanan agar terhindar dari berbagai masalah yang muncul saat berkendara. 

    • AC Kurang Dingin

    Ciri kedua yang menandakan radiator kekurangan air adalah suhu AC mobil yang terasa kurang dingin. Padahal, AC telah dinyalakan dalam waktu lama sedangkan kondisi freon masih ada. 

    Ini bisa terjadi karena mesin mobil yang overheat saat air radiator habis sehingga berdampak pada berhentinya perputaran kompresor AC. 

    Sebagai informasi, tidak semua mobil mengalami kondisi ini, namun tidak ada salahnya untuk mengecek volume air radiator ketika AC pada mobil terasa kurang dingin. 

    • Munculnya Uap Air pada Kap Mesin

    Apabila Anda melihat kap mesin mengeluarkan uap, ini merupakan salah satu tanda air radiator mobil habis. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada bagian sistem pendingin. 

    Mulai dari pecahnya selang radiator, adanya kebocoran pada water pump, atau sekadar sambungan selang yang terlepas. Intinya, waspadalah jika muncul uap air pada kap mobil Anda.